9 Bulan Menakjubkan selama Kehamilan

Posted on Jun 3 2016 - 3:54pm by Mommy's Helper Bali

Bagi sebuah keluarga baru, biasanya kehamilan menjadi suatu berita yang menggembirakan. Masa-masa 9 bulan menakjubkan selama kehamilan tentunya bermakna. Mereka akan berusaha menjaga kehamilannya sampai dengan cukup waktu untuk bayi mereka lahir ke dunia. Yang biasanya dilakukan antara lain adalah rajin mengkonsumsi berbagai vitamin yang disarankan dokter, berolahraga, dan memeriksakan kehamilan setiap bulannya.

Di jaman yang sudah canggih seperti saat ini, di mana kemajuan teknologi seperti tidak putus-putusnya menyuguhkan kita berbagai kemajuan di semua bidang termasuk dalam bidang kedokteran, agenda rutin dalam setiap pemeriksaan bulanan kehamilan adalah pemeriksaan ultra sonografi (USG). Dengan pemeriksaan ini, kita bisa melihat dengan lebih jelas bagian-bagian tubuh bayi yang berkembang selama dalam kandungan.

9 Bulan Menakjubkan selama Kehamilan

(c) www.toogirlish.com

9 Bulan Menakjubkan selama Kehamilan

Mari kita bahas lebih detail lagi, apa saja yang terjadi selama 9 bulan tersebut:

Sejak awal dimulainya sebuah kehidupan, seorang manusia (baca:bayi) sudah berkompetisi. Sebuah zigot terbentuk dari kompetisi jutaan sel sperma dan hanya satu yang berhasil memenangkan kompetisi membuahi sel telur. Sehingga, janin atau bayi dalam kandungan Anda, apapun jenis kelaminnya, merupakan pemenang, yang terbaik dari semua saudara-saudaranya. Maka, bersyukurlah untuknya.

Sel sperma menempuh jarak yang begitu panjang dengan berbagai rintangan yang ada dalam saluran mencapai sel telur, dengan waktu yang panjang juga membuktikan bahwa setiap manusia sejatinya adalah seorang pejuang yang tangguh. Maka, bersyukurlah untuknya.

Pada saat berhubungan, sekitar 250 juta sperma disemburkan ke dalam tubuh wanita. Sifat asam dari vagina akan langsung membunuh sebagian sperma tersebut, sisanya harus berjuang untuk bisa membuahi sel telur. Perjalanan panjang dan berbagai hambatan ada di sepanjang perjalanan ini. Sampai tiba saat di mana 1 sperma berhasil membuahi Sel telur, maka secara otomatis akan membunuh semua sisa sperma yang tersisa.

Bulan pertama

Bulan pertama dihitung dari hari pertama menstruasi terakhir Anda. Perhitungan ini dilakukan karena kita tidak tahu persis kapan terjadinya pembuahan. Di bulan pertama inilah terjadi pembuahan sel sperma dan sel telur yang nantinya berubah menjadi blastosis dan menempel seperti parasite pada dinding rahim.

Belum banyak perubahan yang terjadi pada tubuh Anda saat ini, bahkan mungkin Anda belum merasa bahwa Anda sedang hamil..

Bulan kedua

Bulan kedua dihitung pada minggu ke-5 hingga minggu ke-8. Memasuki bulan kedua, mungkin Anda baru menyadari bahwa Anda tengah hamil. Anda mengalami terlambat dating bulan dan hasil test pack Anda menunjukkan hasil positif karena mendeteksi adanya hormon hCg (human chorionic gonadotropin) pada urine Anda.

Beberapa mengatakan bahwa adanya hCG dalam darah yang menyebabkan Anda mungkin mulai merasa mual di awal kehamilan ini. Namun, jangan khawatir, karena ini biasanya berakhir begitu Anda memasuki trimester ke-2 atau bulan ke-4.

Jantung janin saat ini sudah mulai berdetak, walaupun mungkin belum bisa terdeteksi dari luar. Namun, semua hal yang berhubungan dengan system sirkulasi darahnya merupakan hal pertama yang berkembang pada janin. Selain itu, susuanan saraf pusat yang meliputi otak dan sumsum tulang belakang juga terbentuk di awal kehidupannya, sehingga saat ini bentuk tubuh janin terlihat melengkung seperti huruf C.

Di akhir bulan kedua ini panjang janin mencapai 14-20 mm. Wajahnya mulai tampak, lubang hidung, bibir dan mulutnya mulai terbentuk. Tunas tangan dan kaki juga sudah mulai muncul di tempatnya.

Bulan ketiga

Ini merupakan bulan terakhir pada trimester pertama Anda. Biasanya semua keluhan mual dan tidak nyaman lainnya akan berakhir di bulan ini. Anda juga mulai menyadari payudara Anda semakin terasa penuh dan membesar. Terkadang beberapa wanita juga mengalami mood swing. Namun, jangan biarkan hal ini mengganggu Anda, berusahalah untuk tetap berpikir positif agar Anda merasa lebih nyaman menjalani kehamilan Anda. Emosi apapun yang Anda rasakan sangat mempengaruhi bayi dalam kandungan Anda. Oleh sebab itu, bergembiralah..

Di akhir bulan ketiga, janin Anda memiliki panjang sekitar 65-78 mm dengan berat 13-20 gram. Pada bulan ini, perlahan janin mulai menyerupai bentuknya sebagai manusia. Ukuran kepala janin hamper setengah dari panjang tubuhnya, karena saat ini pertumbuhan paling banyak terjadi pada bagian kepala bayi. Sel-sel otak janin mulai berkembang dan otak mulai memisah menjadi belahan otak kanan dan otak kiri.

Beberapa wanita sudah terlihat hamil pada akhir minggu ini. Beberapa lainnya mulai bisa merasakan desiran gerakan janin pada rahimnya.

Bulan keempat

Kebanyakan wanita sudah mulai merasa lebih nyaman memasuki bulan keempat ini. Beberpa olahraga, seperti yoga prenatal juga sudah mulai bisa dilakukan di bulan ini. Perut Anda mulai membuncit di bulan ini. Nafsu makan juga mulai bertambah. Perbanyak minum air, mengkonsumsi buah dan sayur agar cukup serat.

Perubahan aliran darah yang semakin cepat membuat kulit Anda semakin bersinar. Pertumbuhan rambut dan kuku semakin cepat. Banyak yang mengatakan wanita di saat hamil terlihat lebih cantik.

Di bulan keempat ini, pertumbuhan bayi semakin merata sehingga perbandingan tubuh dan kepalanyapun mulai proporsional. Janin dalam rahim Anda semakin menyerupai Anda sekarang. Tubuh janin diselimuti oleh rambut-rambut halus yang disebut sebagai lanugo. Letak mata yang semula berada di samping wajah perlahan mulai bergeser mendekati hidung ke tempat seharusnya.

Janin juga mulai meminum air ketuban, dimana rasa air ketuban ini seperti makanan yang Anda konsumsi. Organ genital janin bisa dideteksi dengan menggunakan bantuan USG pada usia kehamilan Anda saat ini (ingatlah, apapun jenis kelaminnya bayi Anda adalah pemenang). Pada akhir bulan keempat ini panjang janin Anda mencapai 11-12 cm dengan berat kurang lebih 100 gram.

Bulan kelima

Perubahan pigmen pada kulit Anda mulai terlihat di bulan ini. Beberapa area akan tampak semakin menggelap seperti daerah puting, wajah dan perut. Ini adalah hal normal yang disebabkan oleh hormone melanosit pada tubuh Anda. Payudara Anda semakin membesar sehingga mungki perlu bagi Anda untuk mengganti bra yang biasa Anda pakai dengan ukuran yang lebih besar agar merasa nyaman.

Pada bulan ini janin Anda sudah bisa menunjukkan beberapa ekspresi pada wajahnya seperti tersenyum, menangis ataupun mengerutkan kening. Tunas gigi tealh lengkap berada di bawah gusi janin. Beberapa bagian tulang janin mulai mengeras untuk melindungi organ-organ vitalnya.

Pada bulan ini bayi sudah bisa mendeteksi suara, sehingga mulaiklah berkomunikasi dengannya. Namun begitu, Anda sebenarnya sudah bisa mulai berkomunikasi dengan janin pada saat pertama kali Anda mengetahui bahwa Anda hamil. KOmunikasi ini dapat membantu meningkatkan ikatan Anda dengan janin Anda.

Sejumlah lemak yang berwarna putih mulai menutupi tubuh bayi. Lemak ini dikenal dengan sebutan vernix caesosa. Vernix ini bertugas untuk melindungi kulit bayi dari gesekannya dengan cairan amnion, melembabkan kulit janin selama berada dalam rahim. Di akhir bulan kelima ini panjang janin mencapai ±19 cm dengan berat sekitar 350 gram.

Bulan keenam

Ini adalah bulan terakhir di trimester kedua. Perkembangan janin bertambah pesat pada bulan ini, sehingga Ibu harus beradaptasi dengan postur tubuhnya yang memiliki beban di bagian depannya. Pertumbuhan yang cepat ini juga menyebabkan mulainya muncul stretchmark pada kulit Anda di beberapa tempat, seperti perut, paha, lengan dan bokong. Untuk mengatasinya, rajinlah mengusapkan lotion atau VCO atau minyak zaitu yang aman bagi Ibu hamil dan juga perbanyak konsumsi air putih, buah dan sayur agar kulit tetap lembab dan elastis sehingga mampu mengikuti perbesaran yang terjadi.

Pada fase ini, koordinasi tangan janin semakin meningkat cepat, janin dapat mengepalkan tangannya dan menghisap jempolnya. Janin juga mulai menelan dengan teratur. Kedua ginjal janin mulai memproduksi sebagian kecil urine. Kelopak mata mulai terbuka dan janin berlatih untuk membuka dan menutupnya, serta memberikan respon pada cahaya yang menembus rahim Anda.

Janin juga mulai menerapkan waktu untuk tertidur dan terjaga. Oleh karena itu, latihlah bayi Anda untuk tertidur di malam hari dan beraktivitas di siang hari. Panjang janin di akhir bulan ini mencapai 36-38 cm dengan berat janin sekitar 870-890 gram.

Bulan ketujuh

Awal trimester ketiga dimulai di bulan ketujuh ini. Pada trimester ini gerakan bayi semakin kuat dan sangat terasa di beberapa tempat. Rahim Anda semakin membesar, begitu pula dengan nafsu makan Anda. Tidak banyak perubahan yang terjadi pada tubuh Anda pada trimester ketiga ini, selain payudara yang semakin padat dan terus membesar dan juga perut yang semakin membesar.

Lipatan permukaan di otak bayi semakin banyak untuk memperluas permukaan otaknya. Proses pembentukan saraf dalam otak juga semakin cepat. Hal inilah yang meningkatkan kemampuan gerak bayi. Bayi mulai melakukan gerakan yang bervariasi seperti jungkir balik, menendang, menggerakkan tangannya ke segala arah. Walaupun bayi semakin besar, namun pada bulan ini ruangan dalam rahim masih cukup luas bagi bayi untuk berputar. Semua organ tubuh bayi sudah terbentuk, hanya tinggal proses pematangannya saja. Di akhir bulan ini panjang bayi mencapai 40-42 cm dengan berat mencapai 1,5 kg.

Bulan kedelapan

Pada bulan ini, beberapa wanita mungkin merasa cepat lelah. Selain karena pertambahan berat badan, berat bayi dan juga pertambahan beban pada rahim, aliran darah Anda juga semakin cepat. Anda juga mulai merasakan adanya insting nesting (bersarang), seperti ingin membersihkan rumah, membeli semua keperluan bayi. Anda akan semakin sering merasakan kontraksi Braxton Hicks (kontraksi palsu) pada rahim Anda.

Pertumbuhan bayi mulai melambat di bulan kedelapan ini. Kebanyakan nutrisi diserap bayi untuk pematangan organ-organ tubuhnya. Refleks bayi semakin menguat pada bulan ini, artinya bayi semakin pintar menghisap dan menelan. Dan di akhir bulan ini panjang bayi mencapai 45 cm dengan berat mencapai 2.35 kg

Bulan kesembilan

Tidak terasa, sudah hampir 9 bulan bayi berada dalam rahim Anda. Ini adalah bulan penantian Anda. Berbagai perasaan muncul dalam diri Anda, mulai dari perasaan excited, tidak sabar akan hari H bertemu dengan bayi Anda, perasaan cemas, dan lain sebagainya. Amun, nikmatilah sisa minggu-minggu terakhir ini. Perasaan nesting semakin menguat, terkadang sepertinya ada saja perlengkapan bayi yang belum terbeli, namun tetaplah santai.

Biasanya pada bulan ini kepala bayi sudah berada di bagian bawah dan tidak lagi berputar. Bayi Anda bisa saja lahir lebih cepat ataupun lebih lambat dari perkiraan lahirnya. Di bulan terakhir ini semua organ tubuhnya sudah bisa berfungsi sesuai dengan seharusnya. Nutrisi yang terserap lebih banyak dipakai untuk menambah lemak pada bagian bawah kulitnya. Pada akhir periode ini berat bayi Anda mencapai 3-4 kg dengan panjang mencapai 52 cm.

 

Wow.. ternyata perjalanan setiap manusia menjadi makhluk kompleks seperti kita ini sangat menakjubkan. Tidak hanya perkembangan fisiknya saja yang menakjubkan, namun apa yang terjadi pada mentalnya juga sangat mengesankan. Apa yang terjadi pada Anda, yang Anda rasakan selama masa kehamilan bisa diingat dan dirasakan oleh bayi Anda. Untuk itu, berusahalah menjalani kehamilan Anda dengan perasaan nyaman dan bahagia, agar bayi Anda juga senantiasa merasakan hal yang sama.

Selamat menikmati kehamilan Anda. 🙂

 

Kontributor

Conny Widya, Apt., CHt.

 

Sumber:
Hermina, Conny W. & Wirajaya, Agus. 2015. The Conny Method. Jakarta:Gramedia Pustaka Utama
Stoppard, Miriam. 2007. New Pregnancy and Birth. London: Dorling Kindersley Limited
Murkoff, Heidi & Mazel, Sharon. 2008.What to Expect; When You’re Expecting. United Kingdom: Pocket Books

About the Author
Mommy's Helper Bali Mommy’s Helper Bali (MH Bali) merupakan komunitas para ibu di Bali yang ada sejak tahun 2012, dan bertujuan untuk menjadi wadah para ibu untuk sharing dan saling membantu dalam keseharian. Website ini dibuat sebagai bentuk realisasi dari visi MH Bali agar komunitas ini dapat berguna dan menjadi pengaruh positif untuk masyarakat luas melalui informasi yang dapat diakses oleh semua pengguna internet. Artikel di website ini ditulis oleh beberapa member MH Bali. Kami juga menerima kontribusi artikel, hubungi kami untuk info lebih lanjut.

Leave A Response