Basic Life Support (BLS) – Pelatihan & Workshop di Bali

Posted on Nov 8 2016 - 8:57am by Mia Aristanti

Pada tanggal 26 November 2016 yang akan datang, komunitas Mommy’s Helper Bali akan mengadakan sebuah workshop berjudul Basic Life Support (BLS). Workshop singkat ini akan bertempat di Kumpul Coworking Space, Sanur pada pukul 10.00 – 13.00. Lihat di sini untuk detail pendaftaran event.

basic life support

(c) yarnfieldpark.com

Basic Life Support (BLS) adalah pelatihan tingkat dasar tentang pertolongan pertama pada keadaan darurat medis seperti serangan jantung, tersedak dan juga pertolongan pada anak dalam keadaan tidak sadar. Seringkali kondisi medis ini terjadi tiba-tiba dan tanpa terlihat gejala sebelumnya. Alangkah baiknya apabila kita memiliki ilmu pertolongan pertama ini untuk membantu anggota keluarga, kolega ataupun teman-teman di saat dibutuhkan. Pertolongan pertama yang tepat dan cepat dapat membantu menghindarkan risiko cedera atau cacat permanen, bahkan dapat menyelamatkan nyawa.

Selain tersedianya perangkat pertolongan pertama pada kecelakaan, amat baik bila kita tahu apa yang harus dilakukan di saat keadaan darurat. Di negara-negara maju, semua warga negara diwajibkan memiliki pengetahuan tentang Basic Life Support (BLS) agar dapat memberikan pertolongan pertama dalam keadaan darurat kepada diri sendiri ataupun orang lain apabila diperlukan. Ilmu ini bukan hanya semata-mata milik mereka yang berprofesi di dunia medis, melainkan untuk khalayak umum. Oleh karena itu, komunitas Mommy’s Helper Bali mengajak semua kalangan yang ingin belajar atau sekedar mengingat kembali pengetahuan dan keterampilan pertolongan pertama untuk mengikuti sesi workshop ini.

Dalam pelatihan ini kita akan belajar tentang:

  • Mengenali gejala-gejala serangan jantung (cardiac arrest)
  • Rantai keselamatan (chain of survival)
  • Langkah-langkah Basic Life Support (BLS) termasuk pernapasan buatan, kompresi dada dan penggunaan defibrilator
  • Pengenalan dan pertolongan apabila tersedak (choking)
  • Perawatan anak dalam keadaan tidak sadar

Materi yang dibawakan dalam workshop ini sesuai dengan pedoman dari European Rescucitation Council tahun 2015. Peserta juga akan berlatih secara langsung menggunakan peralatan yang disediakan.

Pelatih dan fasilitator dalam workshop ini adalah dr IGN Mahaalit Aribawa SpAn KAR , yang merupakan anggota dari Program Studi Anaestesi dan Reanimasi, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, Bali.

Untuk pendaftaran dan info lebih lanjut, silahkan lihat halaman ini atau hubungi kami.

About the Author
Mia Aristanti Mia adalah salah satu anggota management Mommy's Helper dengan segudang kegiatan. Selain sebagai seorang istri dan ibu dari seorang anak laki-laki, dia juga memiliki usaha makanan sehat dan juga berprofesi sebagai penterjemah lepas. Dengan hobi olahraga outdoor, membaca, memasak dan menekuni mainan edukasi untuk sang buah hati, tantangan sehari-hari adalah menemukan keseimbangan hidup untuk melakukan semua hal itu.

Leave A Response