Bekal Edukasi Ibu Hamil untuk Menyambut Kehadiran Si Kecil

Posted on Jun 6 2018 - 7:07am by Titin Isyana

Bekal Edukasi Menyambut Kehadiran Si Kecil

(c) http://thetanjungpuratimes.com/2016/08/31/sembilan-makanan-terbaik-untuk-ibu-hamil/

Bagi para ibu hamil, membicarakan bekal persiapan menyambut bayi baru seakan tiada habisnya! Begitu banyak topik yang kerap berulang kali dibahas – dari merek pakaian, bahannya, memilih memakai pospak atau popok kain, berapa bantal dan guling bayi yang harus dibeli, ukuran perlak dan tempat tidurnya, dan tentunya masih banyak lagi. Wah, banyak yah yang harus dipersiapkan ibu!

Selain mempersiapkan perlengkapan bayi, ada pula bekal selagi hamil yang tak kalah pentingnya yaitu bekal edukasi ibu hamil untuk menyambut si kecil agar nantinya hari-hari pertama kelahirannya dapat dijalani dengan aman dan nyaman. Mengapa sebaiknya memiliki bekal edukasi selagi hamil? Karena setelah melahirkan nanti, hari-hari ibu akan dipenuhi kesibukan mengurus si kecil. Belum lagi di hari-hari pertama setelah melahirkan biasanya ibu merasa lelah dan hormonal. Sedangkan, kerap kali tantangan yang muncul justru di waktu-waktu krusial tersebut. Supaya tidak bingung dan panik menghadapinya, yuk kita simak bekal apa saja yang wajib dimiliki para ibu hamil.

 

Edukasi Mengenai Proses Melahirkan

Melahirkan seharusnya merupakan peristiwa tak terlupakan yang menyenangkan sekaligus mengharukan. Namun tak jarang pula proses melahirkan menimbulkan trauma bagi ibu dan bayi. Sistem rumah sakit yang canggih dan modern, ternyata belum tentu dapat meminimalisasi trauma. Trauma yang tidak disadari, nantinya akan dapat menimbulkan masalah seperti baby blues, depresi berkepanjangan, dan lain sebagainya yang dapat menghambat proses menyusui, mendidik anak, bahkan dapat mengganggu keharmonisan rumah tangga.

Selagi hamil, gunakan waktu yang ada untuk “shopping” rumah sakit dan tenaga kesehatan, karena setiap provider memiliki kelebihan dan kekurangan. Carilah yang pas dengan keinginan hati dan tentunya cocok biayanya juga.

 

Edukasi Proses Menyusui

Menyusui memang peristiwa yang sangat alami. Seringkali para ibu berpikir, mengikuti insting keibuan dan membaca sekilas website menyusui saja cukup. Namun pada kenyataannya, begitu banyak tantangan yang dihadapi ibu yang sedang menyusui. Banyak ibu yang bertekad untuk menyusui namun gagal menjalani prosesnya. Untuk itu, penting membekali diri dengan pengetahuan memadai mengenai proses menyusui, manfaat yang didapat sehingga para ibu dan ayah mantap dalam menghadapi segala tantangan nantinya, serta memastikan diri tidak termakan oleh mitos dan apa kata orang. Klik di sini untuk info kelas belajar menyusui.

 

Belajar Menggendong

Apa sih susahnya menggendong bayi? Semua orang pasti bisa! Mungkin begitu di benak para ibu ketika mendengar kelas belajar menggendong yang bekennya disebut Babywearing Class. Namun, tidak semua ibu sadar betul manfaat mendekap bayi baru lahir. Menggendong atau membedong bayi dengan posisi yang kurang tepat juga dapat mengakibatkan displasia panggul.

Di kelas babywearing, ibu akan belajar praktek menggendong yang aman dan nyaman dengan berbagai pilihan gendongan yang sesuai dengan kebutuhan dan kepribadian tiap ibu. Konsultan juga akan menjelaskan manfaat menggendong untuk ibu dalam masa nifas, perubahan tubuh dan tulang punggung saat hamil dan kaitannya dengan menggendong. Klik di sini untuk info kelas belajar menggendong.

 

Mengenal Penyakit-Penyakit Langganan Anak

Anak-anak sering sekali terkena demam, batuk, pilek, diare. Penyebab utamanya biasanya adalah virus yang “obatnya” adalah menaikkan daya tahan tubuh. Tapi, batuk pilek yang biasanya butuh waktu 2 (dua) minggu untuk pulih, sering kali membuat ibu galau dan memutuskan untuk memberikan obat-obatan dengan efek samping ke bayi. Yuk ibu, belajar pertolongan pertama pada sakit langganan anak dan kenali tanda-tanda kegawatdaruratan.

Menurut statistik, batuk pilek pada bayi dan anak rata-rata mencapai 12 kali dalam setahun, loh. Jadi tidak ada ruginya meluangkan waktu 1 atau 2 hari saja untuk belajar.

Referensi:
https://www.webmd.com/cold-and-flu/common_cold_overview

Belajar Memberi Makan Bayi

Bayi membutuhkan asupan nutrisi seimbang untuk dapat berkembang maksimal. Hal ini perlu diusahakan oleh sang ibu sebagai koki pribadi, ahli nutrisi, dan kadang menjadi “dokter” si bayi. Walaupun tidak bisa atau tidak berbakat memasak, namun penyusunan menu dan bahan makanan sangat penting untuk dikuasai ibu agar dapat memberikan yang terbaik bagi bayi.

Bayi mogok makan, bayi sembelit, bayi yang suka memilih makanan adalah masalah umum yang dialami para ibu. Tantangan ini seringkali membuat ibu bingung, frustasi, bahkan menyerah dan memilih memberikan makanan instan atau obat-obatan yang diklaim dapat menambah napsu makan. Yuk, pelajari dulu dasar-dasar pemberian makanan bayi yang tepat agar ibu dapat mengatasi tantangan dalam memberi makan bayi.

 

Bekal Edukasi Ibu Hamil di Bali

Mommy’s Helpers Bali memfasilitas beberapa kelas, baik gratis maupun berbayar, bagi ibu hamil dan menyusui. Topiknya pun beragam, dan dibawakan oleh pakarnya masing-masing. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan follow Instagram MH Bali, atau bergabung menjadi member sekarang juga hanya dengan biaya tahunan Rp.60.000,- per tahun.

About the Author
Titin Isyana Titin adalah penggagas komunitas Mommy's Helper Bali, yang juga seorang penulis lepas di salah satu agensi penulis artikel. Di waktu senggangnya ia gemar membaca buku, menonton film bersama suami, dan menemani putri semata wayangnya bermain.

Leave A Response