Bugar dengan Bootcamp Training Bali

Posted on Jan 16 2017 - 10:18am by Mia Aristanti

Pernah dengar Bootcamp Training Bali? Salah satu kelebihan hidup di Bali adalah banyaknya kesempatan berolahraga di luar dengan menghirup udara segar. American Council on Exercise (ACE) menyebutkan, berolahraga di luar ruangan memiliki banyak keuntungan, antara lain latihan badan yang lebih menyeluruh karena lingkungan yang berbeda-beda, udara segar menaikkan mood dan membakar lebih banyak kalori. Terlebih lagi, Anda dapat membawa serta seluruh keluarga dengan biaya yang relatif sangat murah.

Bootcamp training bali

(c) Mia Aristanti

Dalam kesempatan kali ini, kami akan memperkenalkan salah satu jenis olahraga yang cocok dilakukan di luar ruangan secara bersama-sama, yakni Bootcamp Training. Jenis olahraga ini telah berkembang pesat di Bali selama beberapa tahun terakhir, dengan jumlah peserta yang makin bertambah.

Apa itu Bootcamp Training Bali?

Menurut definisi Wikipedia, bootcamp untuk kebugaran adalah salah satu jenis program pelatihan fisik yang diselenggarakan oleh tempat fitnes, pelatih pribadi atau mantan personel militer. Program ini dirancang untuk membangun kekuatan dan kebugaran melalui sejumlah variasi latihan pendek yang amat padat selama jangka waktu satu jam. Berawal dari menu latihan militer di Amerika, program ini kemudian diadaptasi untuk masyarakat umum dan menjadi terkenal di seluruh dunia. Peserta bootcamp training memiliki keuntungan berolahraga dalam tim, saling mendukung dan bekerja sama.

Di Bali, sesi bootcamp diadakan di pantai pada pagi hari dengan cara yang sangat seru dan menyenangkan. Dengan menggunakan berbagai macam alat bantu seperti karung berisi pasir, tali tambang besar, ban besar, alat TRX, sarung tinju atau tanpa alat bantu kecuali berat badan peserta sendiri, para pelatih akan memandu latihan kardio dan kekuatan fisik secara seimbang. Setiap sesi dengan durasi satu jam memiliki program dan tema yang berbeda, sehingga tiap pertemuan terasa baru. Para peserta juga dapat menambah banyak teman baru dengan minat dan tujuan yang sama, meraih kebugaran.

Siapa saja yang bisa ikut?

Semua orang bisa ikut bootcamp training. Baik pria maupun wanita, muda maupun berumur, kondisi fisik prima atau jarang berolahraga, keluarga, pasangan, siapa saja yang datang akan disambut dengan baik. Para trainer yang sudah berpengalaman akan membantu Anda dalam mengajarkan teknik-teknik yang benar, mengoreksi kesalahan dan menantang Anda berdasarkan tingkat kebugaran Anda sendiri. Setiap aktivitas biasanya memiliki opsi tingkat kesulitan yang dapat dilakukan tergantung dari kondisi fisik masing-masing peserta.

bootcamp bali

Tips untuk Pemula

Berikut beberapa tips bagi Anda yang berminat ikut bootcamp training:

  1. Datanglah sebelum bootcamp training dimulai, untuk berbicara dengan trainer di lokasi mengenai kondisi fisik Anda.
  2. Bawa air minum, topi dan handuk, juga baju ganti bila perlu. Tidak perlu membawa sepatu karena latihan akan dilakukan di pasir atau rumput.
  3. Karena training dilakukan di luar ruangan, gunakan tabir surya seperlunya.
  4. Isi perut dengan makanan ringan seperti buah atau energy bar sebelum berolahraga, dan banyak-banyaklah minum air selama sesi latihan.
  5. Yang paling penting, datanglah dengan hati riang dan pikiran terbuka untuk mencoba tantangan-tantangan baru!

 

Jadwal Bootcamp berdasarkan Lokasi

Di Bali terdapat 3 lokasi untuk mengikuti bootcamp training:

  • Pantai Batu Bolong (sebelah Old Man’s Café): Senin, Rabu, Jumat pukul 7 pagi
  • Pantai Sanur (pantai ex Hyatt Resort): Senin, Kamis, Sabtu pukul 8 pagi
  • Pantai Bhagawan (Taman Bhagawan): Kamis, Sabtu pukul 8.15 pagi

Harga Bootcamp Training Bali

Anda tinggal datang ke lokasi yang diinginkan dan membayar biaya latihan Rp 50,000 per orang setiap sesinya (per kali datang).

Selamat bugar!

Referensi:

https://en.wikipedia.org/wiki/Fitness_boot_camp

https://www.acefitness.org/acefit/healthy-living-article/60/5911/6-benefits-of-exercising-outdoors/

http://www.cosmopolitan.co.uk/body/fitness-workouts/a37200/4-reasons-to-exercise-outdoors/

http://2befitbali.wixsite.com/2befitbali, http://www.2befitbali.com/
About the Author
Mia Aristanti Mia adalah salah satu anggota management Mommy's Helper dengan segudang kegiatan. Selain sebagai seorang istri dan ibu dari seorang anak laki-laki, dia juga memiliki usaha makanan sehat dan juga berprofesi sebagai penterjemah lepas. Dengan hobi olahraga outdoor, membaca, memasak dan menekuni mainan edukasi untuk sang buah hati, tantangan sehari-hari adalah menemukan keseimbangan hidup untuk melakukan semua hal itu.

Leave A Response