Cara Mencuci Pakaian agar Bersih Bebas Virus Corona Covid-19

Posted on Apr 23 2020 - 11:34am by Mommy's Helper Bali

Di masa pandemi covid-19 ini, banyak dari kita yang penasaran bagaimana cara mencuci pakaian agar bersih. Tentunya, kita ingin melakukan yang terbaik untuk melindungi diri sendiri dan keluarga tercinta. Mandi, rajin mencuci tangan, menggunakan masker, atau menggunakan hand sanitizer adalah beberapa cara untuk mencegah kita terpapar virus covid-19.

Cara Mencuci Pakaian Agar Bersih(c) Owned by the author

Namun, bagaimana jika pakaian kita kotor? Mandi dan mencuci tangan akan menjadi hal yang sia-sia apabila pakaian yang kita kenakan masih kotor. Bagaimana cara mencuci pakaian agar bersih dari berbagai partikel debu dan virus? Mencuci pakaian di saat seperti ini memerlukan perhatian lebih sebagai salah satu upaya untuk mencegah virus berkembang biak.

Tips Cara Mencuci Pakaian agar Bersih

Berikut tips terbaik tentang cara mencuci pakaian agar bersih dan benar-benar bebas virus:

  1. Cucilah pakaian menggunakan air panas (suhu diatas 40°C). Ini juga berlaku untuk handuk tangan, handuk, kain lap, kain pel, dll.
  2. Gunakan detergent dan gunakan cairan disinfectan yang aman untuk kain.
  3. Ambil langkah ekstra dengan memasukkan pakaian yang telah dicuci tersebut ke dalam mesin pengering dengan suhu 70°C (harap diperhatikan untuk pakaian yang berbahan lembut)
  4. Selalu jaga kebersihan mesin cuci. Mesin cuci yang bersih akan bekerja lebih maksimal dalam hal membersihkan pakaian. Banyak orang yang mencari tahu bagaimana cara mencuci pakaian agar bersih, tapi lupa mencari cara untuk membersihkan mesin cucinya. Perlu diketahui bahwa di dalam mesin cuci ada banyak kotoran dan residu detergent yang menempel setiap kita mencuci pakaian. Kotoran akan mengendap dan susah dibersihkan jika dibiarkan terlalu lama. Cukup tuangkan cuka 50ml ke dalam mesin cuci dan bilas menggunakan air panas. Cobalah lakukan ini sebulan sekali untuk membersihkan mesin cuci dari sisa sabun, jamur dan bakteri.
  5. Penggunaan detergent yang tepat saat mencuci juga merupakan hal penting. Banyak orang berpikir semakin banyak detergent yang dituang, semakin banyak busa yang dihasilkan, dan pakaian menjadi bersih. Padahal penggunaan detergent berlebih dan busa yang banyak justru membuat kotoran pada pakaian semakin melekat dan membuat mesin cuci lebih kotor. Oleh karena itu, gunakan detergent sesuai anjuran (silakan baca pada aturan pemakaian yang tertulis pada kemasan detergent).

Tips Mencuci Pakaian Berbahan Halus

Bagaimana cara penanganan untuk pakaian yang tidak bisa menggunakan air panas? Berikut beberapa tips untuk pakaian berbahan halus:

Untuk pakaian seperti sutra atau wol bisa dicuci dengan menggunakan tangan. Mencuci dengan tangan tentu membutuhkan ketelitian lebih. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan saat mencuci dengan tangan:

  • Basahi dan lakukan perawatan pada noda sebelum melakukan pencucian, karena noda yang mengering setelah proses pencucian lebih sulit dihilangkan.
  • Rendam pakaian menggunakan detergent khusus pakaian halus kurang lebih 30 menit agar detergent bekerja maksimal menghancurkan virus Covid-19.
  • Kucek pakaian dengan lembut, hindari mengucek dengan tergesa-gesa dan menggunakan tenaga karena akan membuat pakaian menjadi rusak.
  • Bilas kembali pakaian dengan air bersih, ulangi hingga semua busa telah hilang.
  • Peras dengan perlahan supaya pakaian tidak rusak. Kemudian jemur di tempat yang jauh dari lalu lalang manusia.

Pemutih Membantu Menghilangkan Virus

Itulah beberapa cara mencuci pakaian agar pakaian benar-benar bersih. Jangan lupa segera cuci pakaian setelah bepergian, karena tetesan air liur, debu dan virus sangat mudah menempel pada serat kain, kancing baju, maupun resleting. Rodney E. Rohde, Ketua dan Profesor Program Ilmu Laboratorium Klinik di Texas State University juga menyebutkan salah satu cara mencuci pakaian agar bersih dari virus covid-19 adalah dengan menggunakan detergent yang mengandung pemutih.

Mencuci di Laundry yang Higienis

Jadi, sekarang kita sudah mengerti bagaimana cara mencuci pakaian agar bersih, kan? Jika mencuci pakaian di laundry, sebaiknya pilih laundry yang tidak menggabungkan pakaian customer. Pastikan juga bahwa laundry tersebut paham bagaimana cara mencuci pakaian agar bersih sehingga pakaian kering kita tidak beresiko tertular virus covid-19.

Jangan lupa melakukan medical check-up berkala untuk memantau kesehatan kita semua. Semoga kita semua sehat selalu dan pandemi ini segera berakhir.

Kontributor

Yenty, ibu satu anak penggiat kebersihan, yang juga mengelola laundry MaxPress Jimbaran dan Renon Bali.

Editor: Fenny & Diana

About the Author
Mommy's Helper Bali Mommy’s Helper Bali (MH Bali) merupakan komunitas para ibu di Bali yang ada sejak tahun 2012, dan bertujuan untuk menjadi wadah para ibu untuk sharing dan saling membantu dalam keseharian. Website ini dibuat sebagai bentuk realisasi dari visi MH Bali agar komunitas ini dapat berguna dan menjadi pengaruh positif untuk masyarakat luas melalui informasi yang dapat diakses oleh semua pengguna internet. Artikel di website ini ditulis oleh beberapa member MH Bali. Kami juga menerima kontribusi artikel, hubungi kami untuk info lebih lanjut.
Please follow and like us:
error20

Leave A Response