Fakta Menstrual Cup Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Posted on May 25 2020 - 11:47am by Mommy's Helper Bali
Fakta menstrual cup kelebihan kekurangan menstrual cup(c) pixabay

Image by PatriciaMoraleda from Pixabay

Teknologi industri berkembang kian pesat dalam berbagai hal, di antaranya inovasi seputar produk kewanitaan. Jika dahulu para wanita menggunakan pembalut di saat haid, kini telah ditemukan sebuah alat yang lebih higienis, efisien, dan tentunya zero waste, yaitu menstrual cup. Menstrual cup sudah mulai digunakan di Amerika sejak tahun 1937, tapi karena menstruasi adalah hal yang tabu dibicarakan maka tak heran jika banyak yang belum mengenalnya di Indonesia. Ada beberapa fakta menstrual cup yang perlu diketahui oleh wanita, yuk kita bahas satu per satu.

Apa itu menstrual cup?

Menstrual cup adalah sebuah alat yang terbuat dari silicon yang digunakan untuk menampung cairan menstruasi. Produk ini masih tergolong jarang diperjualbelikan di Indonesia, tapi bisa didapatkan di berbagai online shop.

Menstrual cup dalam bahasa Indonesia disebut cangkir menstruasi, berbentuk seperti corong kecil yang bertangkai terbuat dari silikon. Namun faktanya tak semua menstrual cup diproduksi dengan menggunakan bahan silicon yang memenuhi standar medis, banyak ditemukan produk menstrual cup yang terbuat dari lateks, sehingga kita harus berhati-hati terutama apabila memiliki alergi terhadap lateks.

Cara memilih ukuran menstrual cup

Menstrual cup bekerja dengan cara menampung darah menstruasi dan mencegahnya bocor ke pakaian dalam. Fakta menstrual cup ini berbeda dengan pembalut ataupun tampon yang bekerja dengan cara menyerap.

Untuk itu, kita juga harus pandai memilih ukuran menstrual cup. Beberapa produk menandainya dengan huruf A untuk size kecil dan B untuk size besar. Size besar biasanya disarankan untuk perempuan berusia di atas 30 tahun, sudah pernah melahirkan normal, atau yang sering mangalami perdarahan menstruasi yang banyak. Sedangkan size kecil dianjurkan untuk perempuan dibawah 30 tahun atau belum pernah melahirkan normal.

Fakta menstrual cup untuk yang belum menikah, apakah aman?

Menstrual cup aman digunakan bagi wanita yang belum menikah atau belum aktif seksual. Fakta menstrual cup ini masih kontroversial, meskipun dari segi medis sudah terbukti aman. Bagi yang belum menikah, pilihlah menstrual cup dengan size kecil, dan pelajari dengan baik cara memasangnya. Apabila sudah dilakukan dengan benar dalam keadaan rileks, maka menstrual cup akan terpasang dengan sempurna tanpa merusak selaput dara.

Cara pakai menstrual cup

Pertama kita basahi bibir corong (bisa menggunakan air atau cairan pelumas berbahan dasar air yang berbentuk gel), lalu lipatlah corong ini sehingga membentuk permukaan yang kecil dan mudah dimasukkan. Posisi tubuh saat memasukkan menstrual cup juga bisa disesuaikan, yaitu dengan memilih posisi yang nyaman, misalnya dengan duduk di toilet duduk, dengan posisi setengah jongkok, atau dengan posisi berdiri dengan salah satu kaki dinaikkan ke closet).

Berikut beberapa ilustrasi cara pemasangan dan teknik menekuk bibir corong untuk mempermudah proses memasukkan menstrual cup ke dalam liang vagina:

Fakta Menstrual Cup Beserta Kelebihan dan Kekurangannya_2

cara mememasukkan menstrual cup ke dalam liang vagina

Fakta Menstrual Cup Beserta Kelebihan dan Kekurangannya teknik menekuk bibir corong menstrual cup

Saat memasukkan corong ke liang vagina, pastikan otot-otot panggul terasa rileks dan tidak berkontraksi dengan cara menarik nafas dalam lalu hembuskan perlahan, jangan mengerutkan otot bokong karena hanya akan menambah tekanan terhadap cangkir menstruasi yang berusaha kita dorong.

Awalnya akan terasa seperti ada yang mengganjal pada liang vagina. Lakukan dorongan dengan gerakan yang lembut ke arah liang vagina dan biarkan cangkir menstruasi menyelip sesuai arah liang vagina. Setelah menstrual cup berhasil masuk dengan sempurna, corong akan otomatis terbuka dan terpasang pada posisinya. Apabila masih terasa ada lekukan, maka silakan posisikan kembali corong tersebut dengan cara memutar bagian bawah corong. Bila pemasangan sudah pas, kita akan merasa nyaman dan tidak ada perasaan mengganjal di area vagina. Namun jika tetap terasa mengganggu, kita bisa memotong sedikit ujung tangkainya (PENTING: proses pemotongan jangan dilakukaan saat dalam keadaan terpakai!)

Mencuci menstrual cup

Menstrual cup dapat digunakan berkali-kali, karena bisa dibersihkan dengan cara dicuci dan disterilkan. Cara mencucinya adalah dengan membilasnya dengan sabun dan air mengalir hingga bersih saat pemakaian selama menstruasi. Setelah menstruasi selesai dan sebelum disimpan kembali di tempatnya, disterilkan dengan air mendidih selama 5 menit, atau menggunakan alat steril lainnya.

Kelebihan dan kekurangan menstrual cup

Fakta menstrual cup yang cukup mengejutkan adalah zero waste! Menstrual cup bisa digunakan berkali-kali, tak seperti pembalut ataupun tampon yang hanya sekali pakai. Setelah dicuci dan disterilkan, menstrual cup dapat digunakan kembali. Selama menggunakan menstrual cup, kita tetap dapat beraktivitas dengan nyaman seperti bersepeda, jogging, berenang, tanpa perlu mengalami iritasi kulit karena gesekan pembalut.

Menstrual cup harus diganti setiap 4-6 jam sekali untuk menghindari kebocoran akibat daya tampung yang berlebih. Jika membeli produk ini, pastikan untuk membeli beberapa untuk digunakan sebagai cadangan.

 

Itulah fakta menstrual cup beserta kelebihan dan kekurangannya. Bagaimana, menarik untuk dicoba, bukan? Baca juga berbagai artikel kesehatan lainnya, seperti tentang keputihan pada wanita dan serba-serbi pap smear yang penting bagi wanita.

 

Kontributor

dr. Anak Agung Istri Saraswati Dewi, Sp.KK merupakan seorang dokter spesialis penyakit kulit dan kelamin. Saat ini beliau berpraktik di Bali Royal (BROS) Hospital di Denpasar.

Editor: Fenny & Diana

About the Author
Mommy's Helper Bali Mommy’s Helper Bali (MH Bali) merupakan komunitas para ibu di Bali yang ada sejak tahun 2012, dan bertujuan untuk menjadi wadah para ibu untuk sharing dan saling membantu dalam keseharian. Website ini dibuat sebagai bentuk realisasi dari visi MH Bali agar komunitas ini dapat berguna dan menjadi pengaruh positif untuk masyarakat luas melalui informasi yang dapat diakses oleh semua pengguna internet. Artikel di website ini ditulis oleh beberapa member MH Bali. Kami juga menerima kontribusi artikel, hubungi kami untuk info lebih lanjut.
Please follow and like us:
error20

1 Comment so far. Feel free to join this conversation.

  1. Intan Rastini June 1, 2020 at 7:20 PM - Reply

    Saya sudah lama pakai menstrual cup dan juga pakai IUD. Rasanya nyaman bahkan saya sering kelupaan kalau sedang haid karena menstrual cup benar-benar tidak yerasa di dalam sana. Kadang saya lupa juga sudah pakai menstrual cup atau belum karena emang ga ada bedanya sedang pakai mens cup atau lagi tidak pakai!

Leave A Response