Jalan-jalan ke Qingdao – Suasana Eropa di Tiongkok

Posted on Jul 30 2016 - 10:32am by Mommy's Helper Bali

Jalan-jalan ke Qingdao ternyata bisa dengan budget minim lho. Sekali jalan, sudah ke Asia dan Eropa sekaligus. Kota Qingdao, salah satu kota di Tiongkok, provinsi Shandong, mungkin kurang terdengar familiar sebagai kota tujuan wisata di Negara Tiongkok dibandingkan dengan kota Beijing, Shanghai, Xi’an, Guangzhou atau Shenzhen. Namun, kota ini ternyata menyimpan banyak tempat wisata yang menarik juga.

Qingdao, Kota Tiongkok Bernuansa Eropa

Selain itu, kota yang merupakan bekas jajahan Jerman ini menjadi lebih menarik lagi karena saat anda berkunjung ke sini, anda juga akan merasakan suasana seperti di Eropa! Bangunan-bangunan indah nan klasik dengan gaya khas ala Eropa tampak menghiasi jalanan kota Qingdao. Tidak hanya yang bergaya klasik, bangunan modern dengan sentuhan gaya Jerman pun menjulang tinggi menghiasi langit-langit kota Qingdao. Nah, ini adalah salah satu pemandangan di sudut kota Qingdao. Benar-benar seperti di Eropa khan?

Jalan-jalan ke Qingdao

(c) Selly Kartika

Jalan-jalan ke Qingdao

Banyaknya bangunan peninggalan Jerman ini dimanfaatkan oleh pemerintah setempat sebagai salah satu tempat tujuan wisata di kota ini untuk menarik para wisatawan. Badaguan) adalah salah satu bangunan peninggalan penjajahan Jerman bersejarah yang merupakan kawasan tempat tinggal untuk Jerman saat itu, terutama untuk gubernur Jerman yang ada di Qingdao. Di dalam bangunan ini terdapat barang-barang bekas Gubernur Jerman, semua terawat dengan baik mulai dari kursi kerja, tempat tidur atau sofa. Tidak lupa, ada keterangan sejarahnya pada setiap sudut di bangunan ini.

Untuk masuk ke sini saat jalan-jalan ke Qingdao, Anda akan dikenakan biaya, termasuk biaya tour guide, yang akan menjelaskan secara detail sejarah kota Qingdao. Di sini, Anda juga bisa langsung membeli oleh-oleh khas Qingdao karena ada toko oleh-oleh kecil di dalamnya. Harganya tidak mahal kok, sama seperti harga kalau Anda beli di pasar khusus oleh-oleh. Selain badaguan, masih banyak lagi bangunan peninggalan Jerman yang bisa dinikmati terutama di Kawasan kota tua Qingdao yang terletak di area Shinan.

Objek Wisata di Qingdao

Selain menghadirkan suasana yang menyerupai Eropa, banyak objek wisata di qingdao yang menarik bisa Anda nikmati juga saat jalan-jalan ke Qingdao, terutama wisata alamnya.

Wisata Alam di Qingdao

Kota yang posisinya terletak di sebelah pesisir timur daratan Tiongkok ini dikelilingi oleh hamparan pantai yang indah dan pegunungan yang cantik, sehingga sangat sayang untuk dilewati. Gunung Laoshan adalah salah satu tempat wisata utama yang menjadi tujuan turis lokal dan turis asing. Pegunungan ini tidak hanya menawarkan pemandangan gunung saja, namun juga serangkaian wisata alam lainnya seperti pantai, air terjun dan bendungan. Di gunung Laoshan juga terdapat banyak temple, monument dan relief bersejarah lainnya.

Untuk masuk ke kawasan wisata ini cukup mahal sekitar 85 Yuan tapi ini sudah termasuk tiket bis di dalam kawasannya, untuk menjelajahi semua spot wisata di kawasan ini. Oya, jangan lupa membawa bekal makanan sendiri karena cukup sulit menemukan tempat makanan di sini.

Wisata Alam di Qingdao

(c) Selly Kartika

Bagaimana dengan wisata pantai di Qingdao? Wisata pantainya tersebar sepanjang jalanan kota Qingdao karena memang letaknya yang berada di pinggir laut. Saking banyaknya pantai, sepertinya untuk memudahkan, nama pantainya pun dibuat urutan angka, yaitu pantai No. 1, Pantai No.2, Pantai No. 3, atau Pantai No. 6, unik khan?

Nah, ciri khas wisata alam lainnya di Qingdao adalah taman-nya. Yup, taman di Qingdao sangat rapi dan indah, apalagi pada musim panas, di mana bunga-bunga yang berwarna-warni bermekaran. Tidak heran taman juga menjadi tempat favorit untuk dikunjungin bagi para wisatawan. Selain itu, setiap taman di Qingdao memiliki keunikan bunga dan fauna mereka tersendiri. Tentunya Anda tidak ingin melewatkan ini saat jalan-jalan ke Qingdao.

Taman di Qingdao

(c) Selly Kartika

Wisata Museum di Qingdao

Qingdao juga menawarkan berbagai wisata museum. Sebut saja museum Bir Qingdao yang merupakan museum bir pertama dan satu-satunya di Tiongkok. Yup, Qingdao memang terkenal dengan birnya, Tsingtao Beer, dan museum birnya merupakan pabrik pertama bir yang dibangun oleh orang-orang Jerman. Nah, kalau Anda datang pada bulan agustus, maka anda akan bisa mengikuti acara Festival Bir Internasional (International Beer Festival) juga di sini yang memang diadakan secara rutin setahun sekali untuk mengundang wisatawan mancanegara. Di acara ini akan ada berbagai bir dari seluruh negara juga dan berbagai jenis makanan Asia dan Barat. Untuk menikmati festival ini, anda cukup membayar tiket masuk sebesar 10-20 Yuan.

Jalan-jalan ke Qingdao 2

(c) Selly Kartika

Qingdao German Prison Site Museum

Museum lainnya yang wajib dikunjungi saat jalan-jalan ke Qingdao adalah Qingdao German Prison Site Museum. Tidak perlu dijelaskan lagi apa isi museum ini karena dari namanya saja sudah jelas museum ini adalah bekas penjara Jerman saat itu. Hm.. bisa dibayangkan khan seperti apa suasananya?. Oleh karena itu, saat pergi ke museum ini disarankan tidak pergi sendiri dan tidak di pagi hari saat masih sepi pengunjung karena suasana di dalam penjaranya bener-bener sangat mencekam dan horror. Terdapat replika patung orang di tiap sel dipenjara ini, diiringi semacam video atau kaset rekaman sejarahnya. Jadi dibuat seperti benar-benar ada kehidupan di dalam penjara, seram khan? Oh ya, untuk masuk ke dalam museum ini, kita juga harus membeli tiket masuk.

Selain yang bayar, ada juga loh museum yang masuknya gratis seperti Qingdao Art Museum dan Laoshan Ecological Science Museum. Kedua museum ini juga tidak kalah menariknya dengan museum sebelumnya. Di Qingdao Art Museum, pada hari-hari tertentu anda bisa belajar kaligrafi China disini dan mungkin kalau Anda beruntung, Anda bisa bertemu salah satu seniman yang terkenal di China karena memang di museum ini sering diadakan pameran lukisan

Sedangkan di Laoshan Ecological Science Museum, Anda bisa mempelajari berbagai macam jenis tanaman, bebatuan, dan hewan yang ditemukan di kota Qingdao. Anda juga bisa mengetahui wisata alam apa saja yang ada di Qingdao melalui museum ini karena ada gambar dan keterangannya. Tapi sayangnya semua penjelasannya menggunakan bahasa mandarin jadi Anda harus siap-siap bawa penterjemah kalau ke sini,. Namun, walaupun tidak ada, museum ini juga cukup bagus hanya untuk sekedar berfoto ria. Bagi Anda yang berwisata dengan anak-anak, juga bisa mengajaknya bersenang-senang ke Qingdao Underwater World dan Polar Ocean World, di mana kita bisa melihat berbagai jenis ikan dan hewan laut lainnya seperti penguin, anjing laut bahkan beruang kutub!

Attraction di Qingdao

(c) Selly Kartika

Qingdao Underwater World

Tempat Menarik di Qingdao Lainnya

Jika Anda ingin menikmati indahnya kota Qingdao dengan maksimal, maka antara bulan April dan Agustus adalah waktu terbaik untuk jalan-jalan ke Qingdao. Tidak perlu bingung mencari tempat menginap karena ada banyak tempat menginap yang tersebar di kota ini. Soal makanan juga, Anda tidak perlu khawatir karena banyaknya wisatawan mancanegara di kota ini, maka berbagai jenis makanan dari berbagai negara tersedia di kota ini, terutama makanan Korea karena banyak orang korea yang tinggal, berbisnis atau belajar di kota ini. Setelah berkunjung ke kota Qingdao, kalau Anda ingin ke Korea juga sangat mudah dan tiketnya pun tidak terlalu mahal. Anda bisa menggunakan pesawat atau feri untuk menyebrang ke Korea karena letaknya yang berhadapan.

Menarik bukan? Rasanya tidak cukup dalam waktu seminggu untuk bisa menjelajahi dan jalan-jalan ke Qingdao Qingdao. Karena masih banyak lagi tempat wisata menarik lainnya yang tidak disebutkan disini. Yuk, rencanakan liburanmu ke Qingdao dari sekarang! 🙂

Kontributor

Selly Kartika

About the Author
Mommy's Helper Bali Mommy’s Helper Bali (MH Bali) merupakan komunitas para ibu di Bali yang ada sejak tahun 2012, dan bertujuan untuk menjadi wadah para ibu untuk sharing dan saling membantu dalam keseharian. Website ini dibuat sebagai bentuk realisasi dari visi MH Bali agar komunitas ini dapat berguna dan menjadi pengaruh positif untuk masyarakat luas melalui informasi yang dapat diakses oleh semua pengguna internet. Artikel di website ini ditulis oleh beberapa member MH Bali. Kami juga menerima kontribusi artikel, hubungi kami untuk info lebih lanjut.

Leave A Response