Kegiatan Keluarga Sehari-hari yang Anti-mainstream

Posted on Oct 25 2016 - 12:58pm by Diana Suciawati

Mencari kegiatan keluarga sehari-hari untuk keluar dari kepenatan kadang bisa jadi membingungkan. Setelah seminggu anak-anak sekolah, dan orang tua bekerja, tentunya akhir pekan dapat menjadi waktu yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga. Namun, ke mall lagi, ke restoran lagi, dapat menjadi aktivitas yang membosankan. Sebenarnya, ada banyak lho kegiatan keluarga sehari-hari yang anti-mainstream.

Kegiatan Keluarga Sehari-hari yang Anti-mainstream

Kegiatan Keluarga Sehari-hari yang Anti-mainstream

Camping

Camping menjadi salah satu kegiatan keluarga yang anti-mainstream dan pastinya disukai anak-anak. Dengan camping, kita bisa belajar cara mendirikan tenda, cara memasak di alam, cara beradaptasi dengan alam, dan cara memelihara alam. Banyak sekali hal yang dapat dikenalkan kepada anak-anak sedini mungkin. Anak juga dapat menikmati suasana alam yang asri dan memenuhi rasa ingin tahunya.

Piknik

Bila belum nyaman tidur di tenda, piknik dapat menjadi pilihan lainnya. Siapkan beberapa pilihan tempat piknik yang dapat dipilih berdasarkan kesepakatan keluarga. Carilah tempat dengan banyak pohon dan rumput, serta terletak cukup jauh dari jalanan sehingga bebas debu dan polusi dari kendaraan bermotor. Bila di kota Anda ada alun-alun, bisa juga dijadikan tempat piknik pilihan.

Setelah menyepakati pilihan tempat piknik, persiapkan beberapa menu makanan yang bisa dimasak dan dibawa dari rumah. Agar semua terlibat, ajaklah semua anggota keluarga untuk menyiapkan semuanya bersama, misalnya ada yang memotong bawang, ada yang mencuci sayuran atau beras, ada yang membentuk perkedel, dsb. Memasak bersama di rumah juga menyenangkan lho. Selain itu, semua menjadi memiliki rasa memiliki yang kuat karena terlibat langsung. Wah, pasti seru, deh!

Jelajah alam

Ke pantai, ke gunung, atau sekedar ke taman raya terdekat dapat menjadi pengalaman yang mendekatkan keluarga dengan alam. Tidak hanya piknik dan camping, namun trekking ke air terjun, atau jalan-jalan ke kebun teh di area Puncak, ataupun sekedar bermain pasir di pantai dapat menjadikan hari-hari keluarga kembali ceria dan siap untuk menjalani rutinitas kembali.

Nah, apa lagi ya kegiatan keluarga sehari-hari yang anti-mainstream? Silahkan usulkan di kolom komentar di bawah supaya dapat menjadi sumber inspirasi bagi keluarga lain.

About the Author
Diana Suciawati Diana adalah salah satu dari management komunitas Mommy's Helper Bali yang fokus di media dan content management termasuk desain media promosi, yang juga seorang penulis dan jurnalis lepas. Bersama suami dan putrinya, dia sering traveling seputaran dalam maupun luar Indonesia dan membagikan pengalaman mereka di Smell Like Home Travel Blog. Selain itu, Diana juga senang menikmati waktunya sendiri dengan berkutat dengan konsep dan pikiran-pikiran rumitnya sesekali waktu.

Leave A Response