Merencanakan Liburan ke Bangkok bersama Anak dan Keluarga

Posted on Nov 30 2017 - 3:44pm by Mia Aristanti

Kami sangat senang saat mendapatkan tiket murah untuk liburan ke Bangkok bersama anak dan keluarga beberapa bulan yang lalu. Memang kami lebih memilih untuk mengajak anak kami travelling, melihat dan mengalami sebanyak mungkin tempat-tempat baru. Karena anak kami telah berusia enam tahun, maka kami bisa lebih leluasa untuk memilih tempat-tempat wisata yang akan kami kunjungi. Bepergian bersama keluarga bukan berarti kami hanya mengantar anak mengunjungi tempat-tempat wisata anak-anak semata, akan tetapi anak kami juga harus mengantar orang tuanya mengunjungi tempat-tempat yang kami inginkan – begitulah yang kami ajarkan kepada anak.

Menurut kami, Bangkok memiliki segala sesuatu yang kami butuhkan bagi perjalanan keluarga yang menyenangkan. Transportasi yang mudah dengan menggunakan BTS (Bangkok Sky Train), tuk-tuk, dan perahu sungai, makanan dan buah-buahan lezat dengan harga yang terjangkau, penduduk yang ramah, aneka tempat menarik bagi ayah, ibu dan juga anak. Sungguh menyenangkan bepergian ke kota ini bersama keluarga!

Oleh karena waktu dan dana yang terbatas, kami memutuskan untuk tinggal di kota Bangkok saja dan tidak mengunjungi kota-kota lainnya seperti Chiang Mai atau Pattaya yang terletak cukup jauh. Akan tetapi, kami mengikuti beberapa tur satu hari untuk mencapai tempat-tempat wisata yang terletak agak jauh dari Bangkok. Berikut jadwal kami selama perjalanan.

Itinerary Bangkok selama 6 Hari 5 Malam

Hari Pertama

Grand Palace, Emerald Buddha, Wat Pho, dan Wat Arun

Wisata keluarga di Bangkok hari pertama kami buka dengan pelajaran seni dan sejarah, mengunjungi istana dan kuil-kuil terkenal yang semuanya terletak di satu lokasi. Untuk mencapai lokasi ini, kami menggunakan Chao Praya Express Boat yang cukup seru, pengalaman pertama bagi anak kami untuk merasakan metode transportasi sungai. (TIP: naiklah kapal dengan bendera oranye, karena kapal ini berhenti di semua tempat-tempat wisata) Karena ketiga tempat ini merupakan tempat suci dan bersejarah, diwajibkan untuk mengenakan busana yang sopan (tidak diperkenankan memakai baju tanpa lengan, baju tembus pandang, baju ketat, celana pendek, celana ketat atau rok mini).

Grand Palace dulunya dibangun sebagai tempat kediaman raja, akan tetapi sudah tidak dihuni lagi sejak awal abad 20. Tempatnya sangat luas dan memiliki banyak sekali area untuk dijelajahi. Wat Pho dan Wat Arun adalah kuil bersejarah yang amat terkenal, terletak tidak jauh dari Grand Palace. Bersiap-siaplah untuk menghabiskan banyak waktu dan banyak jalan kaki di ketiga lokasi ini.

Tiket masuk per orang: Grand Palace 500 baht (berlaku untuk 7 objek wisata kerajaan dalam waktu 7 hari), Wat Pho 100 baht (termasuk 1 botol air mineral), Wat Arun 50 baht plus 5 baht untuk boat menyeberang sungai menuju lokasi.

Jam buka: 8.30 – 17.00

Siam Niramit Cultural Show

Siam Niramit Cultural Show

(c) Owned by the author

Siam Niramit adalah tempat pertunjukan seni dan budaya Thailand. Dengan panggung yang megah dan atraksi pertunjukan yang menarik, penonton dibawa menuju masa lalu untuk menikmati tari-tarian dan juga mempelajari sejarah budaya Thailand. Di luar ruang pertunjukan, terdapat desa seni dengan berbagai atraksi. Tersedia juga opsi buffet makan malam dan minibus antar jemput gratis dari/ke stasiun BTS Thailand Cultural Centre (mulai pukul 17.15). Kami memilih makan malam lebih awal di kota sebelum berangkat ke lokasi Siam Niramit. Atraksi desa seni dimulai dari pukul 7 malam, pertunjukan dimulai pukul 8 malam.

Tiket masuk per orang: mulai dari 1.500 baht

Jam buka: 18.00 – 21.30

 

Hari Kedua

Jim Thomson House

Jim Thomson House Bangkok

(c) Owned by the author

Jim Thomson House adalah sebuah museum di pusat kota Thailand yang menyimpan berbagai koleksi seni yang dimiliki oleh Jim Thomson, seorang arsitek dan pedagang sutera dari Amerika Serikat yang hidup di Thailand pada tahun 1945-1967. Rumah tradisional Thailand yang unik ini telah direnovasi menjadi tempat tinggal yang nyaman dan bernilai seni tinggi, kemudian menjadi museum untuk mempertahankan warisan budaya Thailand. Museum ini sangat bagus untuk mengajarkan sejarah sekaligus seni kepada anak-anak.

Tiket masuk per orang: 150 baht untuk dewasa, 100 baht untuk anak-anak termasuk tur dengan pemandu berbahasa Inggris

Jam buka: 09.00 – 18.00

Dinosaur Planet dan Taman Benchasiri

Dinosaur Planet dan Taman Benchasiri Bangkok

(c) Owned by the author

Dinosaur Planet adalah tujuan idaman anak kami, jadi kami menghabiskan waktu beberapa jam di tempat ini. Terdapat berbagai atraksi yang edukatif dan menyenangkan. Anak-anak dapat belajar mengenai jenis-jenis dinosaurus, aneka bentuk telur dinosaurus, simulasi 4D, naik berbagai wahana dan sebagainya.

Tiket masuk per orang: Dinosaur Park 600 baht untuk dewasa, 400 baht untuk anak-anak, gratis untuk anak di bawah 90cm

Jam Buka: 10.00 – 22.00

Saat berjalan kaki dari stasiun kereta menuju Dinosaur Planet ini, kami melewati sebuah taman yang indah. Taman Benchasiri memiliki area bermain anak, sebuah danau, area piknik yang rindang, aneka patung bernilai seni. Sangat menyenangkan untuk duduk-duduk di taman ini sambil bermain bersama anak. Tidak dikenakan biaya masuk, taman ini buka dari pukul 5 pagi sampai 10 malam.

 

Hari Ketiga

wisata kerajaan Thailand

(c) Owned by the author

Ananta Samakhom Throne Hall, Abhisek Dusit Throne Hall, dan Vimanmek Mansion museum

Kami kembali mengunjungi area wisata kerajaan Thailand, mengingat tiket masuk untuk ketiga lokasi ini sudah termasuk di dalam tiket Grand Palace yang kami beli di hari pertama. Lokasinya terpisah dari Grand Palace, dan sangat disarankan untuk berkunjung di pagi hari karena ramainya turis yang datang. Di ketiga lokasi ini tersimpan aneka benda seni dan juga benda-benda pribadi milik para raja Thailand. Ketiga istana ini sangat megah dengan dekorasi yang amat detail dan menawan. Sayang kami hanya berhasil mengunjungi dua tempat saja karena Vimanmek Mansion museum sedang direnovasi pada saat kami berkunjung kesana. Seperti ketika berkunjung ke Grand Palace, wisatawan diwajibkan untuk berpakaian sopan. Tidak diperkenankan untuk membawa makanan, minuman ataupun kamera ke dalam istana.

Jam buka: 09.00 – 17.00

Di dekat lokasi istana terdapat juga sebuah  kebun binatang yakni Dusit Zoo, namun kami tidak memiliki cukup waktu untuk mengunjunginya karena kami harus tiba tepat waktu di titik pertemuan day tour kami yang berikutnya.

Tur Amphawa Floating Market dan melihat kunang-kunang

Kami menggunakan sebuah operator tur untuk mengunjungi Amphawa floating market, mengingat letaknya yang cukup jauh (sekitar 2 jam dari Bangkok). Sebelum dibawa ke pasar terapung ini, kami singgah dulu di pasar tradisional Thailand yang terletak di rel kereta api. Setiap kali ada kereta lewat, para pedagang dengan santai menggotong dagangan dan melipat awning kain mereka.

Amphawa Floating Market Thailand

(c) Owned by the author

Amphawa Floating Market terletak di kota Amphawa, sekitar 50km dari kota Bangkok . Lokasinya cukup besar, jadi kami betah berjalan-jalan dan melihat-lihat aneka barang yang dijual. Kami juga makan siang di tempat ini, membeli ikan, kerang dan udang air tawar dari perahu yang dimasak di depan kami. Tentunya dengan bir dingin sebagai pelepas dahaga. Selain itu, kami mencoba aneka jajanan khas Thailand yang banyak tersedia di lokasi pasar.

Setelah senja tiba, kami naik ke perahu untuk tur melihat kunang-kunang di bantaran sungai. Setelah hari benar-benar gelap, barulah kunang-kunang dapat dilihat. Pemandangan langka bagi kami yang tinggal di kota dimana kunang-kunang telah lama punah. Putra kami amat takjub melihat cahaya banyak kunang-kunang di tengah kegelapan, namun menurut pemandu wisata kami jumlah kunang-kunang pada saat ini telah menurun cukup signifikan dibanding masa-masa terdahulu.

Jam buka: Amphawa Floating Market 9.00 – 19.30, melihat kunang-kunang setelah gelap

Harga tur per orang: 900 baht

 

Hari Keempat

Chactuchak Weekend Market dan Children’s Discovery Museum

Karena hari ini adalah hari Minggu, kami gunakan hari ini untuk mengunjungi Chatuchak Weekend Market yang sangat terkenal itu. Pergi ke tempat ini adalah suatu pesta bagi panca indera kita – begitu banyak pemandangan, bau dan rasa! Selain surge belanja, pasar ini juga merupakan surga kuliner. Sungguh menyenangkan menghabiskan akhir minggu di tempat ini bersama keluarga.

Children’s Discovery Museum Bangkok Thailand

(c) Owned by the author

Terletak di belakang Chatuchak, Children Discovery Museum adalah tempat yang jangan sampai dilewatkan apabila bepergian ke Bangkok bersama anak-anak. Tempat ini merupakan pusat bermain sambil belajar milik pemerintah, gratis bagi para pengunjung. Banyak sekali wahana yang dapat dinikmati oleh anak-anak, seperti arena ketangkasan, kolam air, situs dinosaurus, area sains, simulasi membangun kota dan sebagainya.

Di dekat Chatuchak terdapat pula Queen Serikit Park yang nyaman digunakan untuk bersantai, piknik dan bermain-main.

Jam buka: Chatuchak 6.00 – 18.00, Children’s Discovery Museum 10.00 – 16.00, Queen Serikit Park 05.00 – 18.30

Tiket masuk: gratis

 

Hari Kelima

Provinsi Kanchanaburi Thailand

(c) Owned by the author

Provinsi Kanchanaburi

Untuk mengikuti day tour ini, kami harus bangun amat pagi mengingat lokasi yang cukup jauh (sekitar 2,5 jam dari Bangkok) dan banyaknya lokasi yang dikunjungi. Kami membawa bekal sandwich dan buah-buahan yang telah kami beli dari malam sebelumnya. Kanchanaburi adalah lokasi wisata sejarah kelam di masa Perang Dunia II. Kami mengunjungi makam korban perang, museum perang, “Bridge Over River Kwai” yakni sebuah jembatan yang melintasi sungai Kwai yang dibangun oleh tenaga para tahanan perang. Tur ini termasuk naik kereta kuno melintasi rel kereta api yang dibangun di ngarai oleh para tahanan perang, dan juga mengunjungi air terjun Erawan tidak jauh dari lokasi. Walaupun disuguhi memori-memori kelam tentang perang, namun tur ini sungguh edukatif.

Harga Tur per orang: 1000 baht (termasuk makan siang)

 

Hari Keenam

Bangkok Ocean World

Bangkok Ocean World

(c) Owned by the author

Setelah tur yang panjang dan padat di hari sebelumnya, kami memutuskan untuk bersantai di hari terakhir kami di Bangkok. Di dalam mal Siam Paragon, tepatnya di lantai basement, terdapat sebuah akuarium yakni Bangkok Ocean World. Walaupun berukuran kecil, namun akuarium ini sangat terawat dan informatif. Anak-anak akan menerima sebuah log book, dan selama kunjungan dapat mengumpulkan stempel di lokasi-lokasi tertentu dengan membaca instruksi di buku log tersebut. Setelah semua stempel terkumpul, anak-anak akan mendapat hadiah. Banyak sekali yang dapat dipelajari dari tempat ini mengenai fauna laut dari seluruh dunia. Tempatnya juga sangat strategis, di pusat kota dan sangat mudah untuk mencari tempat makan siang atau berjalan-jalan. Lebih baik mengunjungi tempat ini pagi-pagi untuk menghindari keramaian.

Jam buka: 10.00 – 21.00

Harga tiket per orang: dewasa 890 baht, anak-anak 710 baht

Chao Praya Dinner cruise

Kami menutup perjalana ini dengan sebuah dinner cruise, naik perahu di sepanjang sungai sambil menikmati buffet makan malam dan pemandangan kota Bangkok di malam hari. Terdapat sejumlah penyedia jasa dinner cruise ini, sehingga kita harus jeli memilihnya. Tur ini berangkat dari River City Pier yang juga merupakan tempat kekinian bagi kaum muda. Beberapa operator tur juga menyediakan layanan antar jemput ke penginapan (tergantung lokasi).

Waktu: 18.00 – 21.00

Harga tur per orang: mulai dari 750 baht

 

Tips Liburan ke Bangkok bersama Anak

  • Booking penginapan jauh-jauh hari sebelum kedatangan di Bangkok. Karena situasi lalu-lintas di kota Bangkok yang seringkali macet, dan sulitnya berkomunikasi dengan pengemudi taksi atau uber, sangat penting bagi kita untuk memilih penginapan yang lokasinya dekat dengan pusat kota atau paling tidak, terletak dekat dari stasiun kereta.
  • Buatlah jadwal hari demi hari agar liburan lebih efektif.
  • Lebih baik berangkat sepagi mungkin untuk menghindari keramaian turis-turis.
  • Belilah tiket-tiket wisata dan booking tur secara online dari tanah air. Selain untuk mendapatkan harga yang lebih hemat, pembelian tiket online juga sangat menyingkat waktu karena tidak perlu antre di lokasi.
  • Ketika bebergian bersama anak-anak usia muda, cukup rencanakan 2-3 tempat saja per hari dengan lokasi yang berdekatan supaya anak-anak tidak kelelahan.
  • Saat kedatangan, langsung beli kartu telepon di bandara yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
  • Bawa payung lipat dan air mineral di dalam tas.
  • Gunakan http://daytoursbangkok.com/index.html dan http://www.hotels2thailand.com/ untuk membeli tiket-tiket dan juga day tour dengan harga menarik.

Nah, itu pengalaman kami saat berlibur ke Bangkok bersama anak dan keluarga. Semoga informasinya bermanfaat, ya!

About the Author
Mia Aristanti Mia adalah salah satu anggota management Mommy's Helper dengan segudang kegiatan. Selain sebagai seorang istri dan ibu dari seorang anak laki-laki, dia juga memiliki usaha makanan sehat dan juga berprofesi sebagai penterjemah lepas. Dengan hobi olahraga outdoor, membaca, memasak dan menekuni mainan edukasi untuk sang buah hati, tantangan sehari-hari adalah menemukan keseimbangan hidup untuk melakukan semua hal itu.

Leave A Response