Liburan Keluarga di Singapura – Tips & Trik

Posted on Aug 12 2016 - 2:12pm by Mia Aristanti

Liburan Keluarga di Singapura dalam artikel kali ini akan mengupas tips dan trik saat berlibur.

Liburan Keluarga di Singapura

“Travel, in the younger sort, is a part of education; in the elder, a part of experience.” – Francis Bacon, Sr.

Kutipan ini sangat mengena di hati saya dan suami. Alih-alih membelikan berbagai mainan dan barang-barang mahal bagi si kecil, kami lebih suka memberikan pengalaman dalam bentuk travelling atau bepergian. Bepergian membuka mata dan hati kita semua, dan bagi anak-anak merupakan pengalaman sensori dan emosional yang luar biasa. Dengan bepergian ke tempat baru, anak-anak dapat belajar tentang berbagai hal, membuka wawasan dan pandangannya akan dunia. Selain itu, berlibur bersama dapat menguatkan hubungan dan kekompakan keluarga, juga dapat membawa pulang kenangan dan pelajaran yang tidak terlupakan.

Salah satu tempat yang kami suka kunjungi lagi dan lagi saat liburan keluarga adalah Singapura. Selain lokasi yang cukup dekat dan harga tiket yang terjangkau, Singapura menawarkan berbagai hal yang tidak bisa didapatkan di kampung halaman kami. Berbagai aktivitas anak-anak bisa dilakukan di sana, dari yang gratis sampai yang berbayar. Menikmati alam, playground gratis, belajar dan bermain, melihat hewan sampai menikmati teater anak-anak semuanya tersedia di Singapura.

Agar trip kita berjalan dengan lancar, ada beberapa tips yang bisa kami bagikan saat liburan keluarga di Singapura.

  1. Booking tiket pesawat dan hotel dari jauh-jauh hari

Banyak maskapai menawarkan tiket promo apabila Anda memesan lebih awal, dan berbagai akomodasi seperti airbnb dan agoda dapat memberikan harga yang menarik. Homestay juga dapat menjadi pilihan unik untuk tempat menginap Anda di Singapura.

  1. Buat rencana perjalanan secara garis besar dari hari ke hari

Dengan membuat rencana tempat-tempat yang akan dikunjungi untuk tiap harinya, liburan Anda akan jauh lebih efisien. Pastikan tiap anggota keluarga mendapat kesempatan mengunjungi tempat yang dia inginkan. Karena anak kami masih kecil, biasanya kami membuat rencana perjalanan kasar dengan target dua lokasi saja dalam satu hari dan di area yang tidak berjauhan satu sama lain.

  1. Beli tiket ke tempat-tempat yang akan dikunjungi (bila tidak gratis) lebih awal secara online

Di artikel yang berikutnya tentang liburan keluarga di Singapura, akan dicantumkan link ke website resmi dari tiap-tiap lokasi yang bisa dikunjungi saat liburan di Singapura bersama keluarga. Di website resmi kadang terdapat harga promo bila Anda membeli menggunakan kartu kredit tertentu. Selain itu, Anda bisa juga cek di www.qoo10.sg dan www.sistic.com.sg untuk mendapatkan tiket-tiket promo dengan harga murah.

4. Isi koper Anda dengan cermat

Bawalah baju-baju yang santai dan praktis serta menyerap keringat dengan baik, hindari baju-baju yang berat dan gerah. Cuaca di Singapura cukup lembab dan kita cenderung banyak berkeringat. Bawalah sepatu yang nyaman digunakan untuk berjalan kaki. Untuk berhemat, bawalah keperluan mandi sendiri karena membeli toiletries di sana cukup mahal harganya. Bawa juga tas ransel berisi payung, air minum dan tisu untuk dibawa saat bepergian di Singapura. Isi juga tas ransel dengan perbekalan P3K sederhana seperti tisu basah, plester luka, parasetamol.

5. Bawa hiburan untuk anak-anak selama penerbangan

Anak-anak biasanya cepat bosan. Karena penerbangan menuju Singapura biasanya cukup lama (tergantung dari kota mana Anda berangkat), maka lebih baik apabila kita mempersiapkan aneka hiburan selama dalam penerbangan. Bisa berupa busy book berisi aneka untuk anak balita, buku bacaan untuk anak-anak yang lebih besar, kertas dan pensil warna, paket origami, sampai gadget. Jika memungkinkan, bawalah sesuatu yang baru agar anak-anak lebih bersemangat bermain selama dalam penerbangan.

Liburan Keluarga di Singapura

(c) Mia Aristanti

6. Saat tiba di Singapura, beli tiket ez-link di counter MRT Stasiun Changi

Kartu ini bisa diisi ulang dan bisa digunakan untuk naik MRT, bus dan beberapa alat transportasi lain. Untuk anak-anak usia prasekolah (sampai dengan tinggi badan 95cm), tersedia Concession Card gratis, supaya anak dapat belajar cara menggunakan kartu walaupun mereka masih dapat naik tranportasi publik secara gratis. Sangat menyenangkan bagi anak-anak untuk men-tap kartu seperti orang dewasa saat masuk dan keluar stasiun MRT dan bus. Bagi anak-anak dengan tinggi badan diatas 95cm, sudah harus punya kartu ez-link sendiri dan dikenakan biaya transportasi 50% dari biaya orang dewasa.

Apa yang dapat dilakukan di Singapura, dan tempat-tempat apa yang dapat dikunjungi disana selama liburan keluarga kita? Jawabnya: sangat banyak dan beragam. Di artikel selanjutnya, kami akan berbagi banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan saat liburan keluarga di Singapura.

About the Author
Mia Aristanti Mia adalah salah satu anggota management Mommy's Helper dengan segudang kegiatan. Selain sebagai seorang istri dan ibu dari seorang anak laki-laki, dia juga memiliki usaha makanan sehat dan juga berprofesi sebagai penterjemah lepas. Dengan hobi olahraga outdoor, membaca, memasak dan menekuni mainan edukasi untuk sang buah hati, tantangan sehari-hari adalah menemukan keseimbangan hidup untuk melakukan semua hal itu.

Leave A Response