Manfaat Camping Bersama bagi Keluarga dan Anak-anak

Posted on Jan 25 2017 - 12:07pm by Diana Suciawati

Sudah beberapa kali, kami pergi camping bersama Lala dan beberapa keluarga dari Mommy’s Helper Bali juga. Baik sendiri maupun ramai-ramai, Lala selalu seneeeng banget, begitu juga dengan kami. Nah, terlepas dari kegiatan senang-senang, apa sih manfaat camping bersama bagi keluarga dan anak-anak?

Manfaat Camping Bersama bagi Keluarga dan Anak-anak

Manfaat Camping

Ternyata, banyak lho manfaat camping, terutama bagi anak-anak dan keluarga:

1. Jauh dari gadget

Camping atau berkemah banyak melibatkan kegiatan fisik, seperti mendirikan tenda, membuat api unggun, memasak bersama, makan bersama, dll. Bila diajak melakukan kegiatan fisik tersebut, anak-anak otomatis akan jauh dari gadget, dan menikmati waktu yang berkualitas bersama keluarga.

2. Belajar langsung dari alam

Saat camping di alam, begitu banyak hal yang bisa dipelajari anak dari alam, seperti dari mana dan kapan matahari terbit dan tenggelam, jenis dan nama binatang dan tumbuhan di sekitar camp site, cara membuat api unggun, bagaimana bertahan di alam, apa yang harus diperbuat bila hujan, dan masih banyak lagi. Hal – hal selama camping ini biasanya akan lebih mudah dimengerti, diserap, dan diingat anak-anak saat mengalaminya secara langsung, bukan sekedar dari buku.

3. Pengalaman baru

Biasanya, anak-anak akan senang saat berkemah, terlepas dari sudah berapa kalipun kita melakukannya. Semangat mereka tidak terlepas dari pengalaman menyenangkan yang mereka tahu akan ada saat camping. Di luar rutinitas sekolah, belajar, dan bermain bersama teman sehari-hari, kegiatan camping sesekali dapat menyegarkan suasana dan pengalaman bermain mereka.

4. Melatih banyak skill

Bila jauh dari gadget, anak akan melatih social skill mereka dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang-orang di sekitar mereka, juga dengan binatang misalnya. Berlarian di lapangan rumput, dapat melatih motorik kasar anak. Membantu memasak, mengaduk atau memotong bahan makanan, dapat melatih motorik halus anak. Tidur dalam tenda tanpa ranjang, dapat melatih daya adaptasi mereka, juga adaptasi terhadap cuaca panas atau dingin, termasuk pada bayi. Menunggu giliran mengambil makanan, dapat melatih kesabaran mereka. Masih banyak lagi hal lain selama camping yang dapat berguna bagi tumbuh kembang anak, terlepas dari umur berapapun mereka.

Tidak hanya dari sisi anak, orang tua pun dapat memperoleh banyak manfaat, seperti: waktu berkualitas, menguatkan bonding bersama keluarga, lebih mengerti pribadi anak, melatih kesabaran dan toleransi terhadap anak dan keluarga.

Persiapan Camping

Agar camping dapat berjalan aman, dan lancar, tentunya harus dipersiapkan dengan baik, seperti membawa keperluan dasar untuk makan dan tidur, menyiapkan jaket, memperhatikan prakiraan cuaca sebelum berangkat, mencari tempat camping yang aman, mempersiapkan mental dan ekspektasi anak sebelum berangkat.

Nah, sudah siap camping? Ayo berangkat! 🙂

Baca juga: Kegiatan Keluarga Sehari-hari yang Anti-mainstream

About the Author
Diana Suciawati Diana adalah salah satu dari management komunitas Mommy's Helper Bali yang fokus di media dan content management termasuk desain media promosi, yang juga seorang penulis dan jurnalis lepas. Bersama suami dan putrinya, dia sering traveling seputaran dalam maupun luar Indonesia dan membagikan pengalaman mereka di Smell Like Home Travel Blog. Selain itu, Diana juga senang menikmati waktunya sendiri dengan berkutat dengan konsep dan pikiran-pikiran rumitnya sesekali waktu.

Leave A Response