Manfaat Pijat Bayi – Sentuhan Penuh Cinta

Posted on Jul 1 2016 - 10:16am by Titin Isyana

Manfaat pijat bayi atau lebih dikenal dengan sebutan Infant Massage merupakan komunikasi dalam bentuk sentuhan sebagai bentuk kasih sayang. Karena itu, sangat baik jika pijat bayi dilakukan oleh sang ayah atau bunda. Sentuhan penuh cinta ayah/bunda akan direspon bayi sebagai bentuk perlindungan, perhatian dan ungkapan sayang. Pijat bisa dilakukan setiap hari tergantung kebutuhan bayi, di sela-sela mengganti popok, sebelum mandi atau sebelum tidur. Memijat bisa memakai minyak sayuran atau yang berbahan alami tanpa pewangi.

manfaat pijat bayi

(c) www.parenting.co.id

Manfaat Pijat Bayi

Manfaat pijat bayi bagi bayi:

  • Meningkatkan frekuensi menyusu sehingga meningkatkan berat badan bayi, karena pencernaan bayi terasa nyaman.
  • Membantu bayi untuk berlatih relaksasi sehingga tidur lebih lelap dan lama.
  • Bayi menjadi lebih tenang dan dapat belajar menenangkan dirinya sendiri.
  • Membuat ikatan atau bonding dengan ayah/bunda yang memijat bayi, menciptakan rasa aman dan percaya.
  • Bermanfaat dalam membantu pengaturan sistem pencernaan, sistem respirasi dan sirkulasi, meredakan ketidaknyamanan (misalnya ketika bayi mengalami kolik, tumbuh gigi, konstipasi dan lainnya), menurunkan produksi hormon stres, dan membantu mengatasi gangguan tidur.

Manfaat pijat bayi bayi ibu/ayah yang memijat:

  • Membantu ayah/bunda mengetahui bahasa (isyarat) nonverbal bayi sehingga lebih mengerti perilaku bayi.
  • Meningkatkan rasa percaya diri dalam mengasuh bayi sehingga bisa memperkecil kemungkinan bahkan mencegah baby blues syndrome yang kerap dialami ibu baru melahirkan.

Tentu saja, pijat bayi ini perlu dilakukan dengan teknik yang benar. Untuk itu, ayah/bunda sebaiknya belajar massage dengan instruktur yang sudah mendapatkan pelatihan dan sertifikat dari IAIM (International Association of Infant Massage).

Workshop Belajar Pijat Bayi

Komunitas Mommy’s Helper Bali mengadakan pelatihan pijat bayi secara rutin sejak Juli 2016 hingga sekarang, bertempat di Renon Denpasar. Acara ini akan dibimbing langsung oleh dr. Agustina Santi, MSc, SpA, MISPI, IBCLC – dokter spesialis anak bersertifikat dari IAIM dan merupakan seorang konselor laktasi.

Untuk info selengkapnya dan pendaftaran event, baca di halaman event.

 

 

Disadur dari www.iaim.net dan informasi dari dr.Agustina Santi, MSc, SpA, MISPI, IBCLC.

About the Author
Titin Isyana Titin adalah penggagas komunitas Mommy's Helper Bali, yang juga seorang penulis lepas di salah satu agensi penulis artikel. Di waktu senggangnya ia gemar membaca buku, menonton film bersama suami, dan menemani putri semata wayangnya bermain.

Leave A Response