Mommy’s Helper – Komunitas Para Ibu di Bali

Posted on Jun 1 2016 - 1:20pm by Titin Isyana

Artikel tentang salah satu komunitas para ibu di Bali ini ditulis oleh Titin, pendiri komunitas Mommy’s Helper.

Dalam keseharian, akan menyenangkan jika kita memiliki teman untuk sekadar ngobrol atau curhat. Ketika sudah berkeluarga, biasanya para ibu akan jarang dapat berkumpul bersama teman-teman karena keterbatasan waktu dan tempat. Untungnya, kemajuan telekomunikasi yang menyediakan kemudahan koneksi Internet menawarkan koneksi cepat melalui kecanggihan teknologi smartphone untuk berkomunikasi dengan teman-teman di berbagai penjuru.

Dengan memanfaatkan aplikasi untuk ngobrol secara online, komunitas Mommy’s Helper ini pun terbentuk secara tidak sengaja. Berawal dari seringnya obrolan seputar kegalauan masalah kehamilan, anak, masak-memasak dan persoalan sehari-hari lainnya kami menjadi akrab.  Dengan saling berbagi dan memberikan informasi relevan, kami menemukan bahwa kami lebih semangat dalam menjalani berbagai hal. Berbincang dari hati ke hati dengan teman-teman seperjuangan dalam menjadi seorang ibu, istri, sekaligus menjadi wanita bekerja merupakan penyemangat yang tidak dapat ditemukan dengan membaca artikel di Internet atau mengikuti seminar.

 

Photo May 21, 12 20 55

(c) Owned by the author

Awal Mula Mommy’s Helper

Komunitas Mommy’s Helper, yang disingkat menjadi MH Bali, berawal pada bulan Pebruari di tahun 2012 di Blackberry Messenger Group (BBM Group) sebagai wadah sharing keseharian anak dan keluarga. Saya memiliki visi, walaupun hanya berbagi via tulisan, grup ini bisa berdampak bagi para anggotanya. Ketika itu, saya menyiasatinya dengan menempatkan para ibu dengan berbagai profesi dan keahlian berbeda untuk bergabung di tiap grup. Karena BBM group pada waktu itu hanya bisa beranggotakan 30 orang saja, MH Bali terus berkembang menjadi beberapa grup dan para anggotanya ditempatkan berdasarkan latar belakang yang beragam. Di setiap grup diusahakan ada yang berprofesi sebagai dokter, guru, psikolog, konselor menyusui yang bersedia berbagi expertise mereka dengan komunitas.

Sempat berpindah ke Whats App Messenger, kini komunitas online grup ini menggunakan aplikasi bernama Slack. Aplikasi ini kami pilih untuk mempermudah para anggota memilih topik pembicaraan yang diminati. Ada berbagai channel dalam grup, seperti misalnya: kecantikan, kesehatan, asi, kehamilan, kelas parenting, info travel, belajar bahasa Bali dan masih banyak lainnya, bahkan hingga channel drama Korea untuk para ibu yang hobi nonton drama.

Perkembangan Komunitas para Ibu di Bali

Secara berkala kami mengadakan kopi darat alias bertemu muka. Kegiatannya beragam, mulai dari sekadar sarapan bersama, olah raga bareng, arisan, dan kegiatan-kegiatan berupa seminar atau workshop. Agar pertemuannya bermanfaat, setiap kali kami mengusung topik yang sering dibahas di grup dengan mengundang nara sumber yang memang ingin berbagi tanpa bayaran untuk komunitas. Karena bertemu secara berkala, anggota dari grup berbeda pun saling kenal dan keluarga kamipun saling kenal dan membentuk network yang lebih luas lagi yaitu network di bidang usaha.

Saat ini, setelah hampir 5 tahun komunitas MH Bali ini ada, anggotanya masih terus bertambah. Selain saling mendukung dalam keseharian, komunitas para ibu di Bali ini juga mengembangkan bakat dalam komunitas, yang banyak di antaranya menjadi terdorong untuk belajar berwiraswasta dan memulai usaha rumahan. Website ini ada, salah satunya karena mengusung visi komunitas MH Bali sebagai salah satu sarana mendukung pengembangan usaha anggotanya. Di tahun ke 5 ini juga, saya dan 2 anggota komunitas MH Bali, Diana dan Mia, membentuk manajemen yang berfungsi membantu mengembangkan usaha-usaha yang bernaung di bawah Mommy’s Helper Bali. Manajemen ini berbentuk sociopreneur, yaitu menjalankan usaha tidak hanya menghasilan profit untuk manajemen saja, namun juga memikirkan untuk membangun dan mengembangkan komunitasnya agar lebih berdaya.

Cara Bergabung dengan Mommy’s Helper Bali

Apakah Anda tertarik untuk bergabung dengan komunitas kami? Mommy’s Helper menerbitkan Kartu Anggota yang menawarkan banyak keuntungan, baik untuk customer maupun bagi Anda yang ingin mengembangkan usaha. Untuk caranya secara singkat dan semua benefitnya, dapat dilihat di halaman Membership MH Bali ini.

Anda bisa menghubungi kami di connect@mhbali.com untuk keterangan lebih lanjut.

About the Author
Titin Isyana Titin adalah penggagas komunitas Mommy's Helper Bali, yang juga seorang penulis lepas di salah satu agensi penulis artikel. Di waktu senggangnya ia gemar membaca buku, menonton film bersama suami, dan menemani putri semata wayangnya bermain.

3 Comments so far. Feel free to join this conversation.

  1. Arti June 24, 2017 at 11:35 PM - Reply

    Wanna joint

Leave A Response