“New Normal di Indonesia”, Sudah Siapkah Kamu?

Posted on Jun 23 2020 - 12:46pm by fenny

Beberapa bulan ini, pandemi covid-19 menyerang hampir seluruh negara di dunia, termasuk Indonesia. Meski sudah diterapkan pembatasan di beberapa kota, namun ternyata pandemi belum juga berakhir dan kita belum siap menghadapi new normal di Indonesia. Anak-anak sudah belajar dari rumah sejak bulan Maret 2020, kemudian disusul liburnya instansi dan ditutupnya berbagai obyek wisata. Dampaknya tak hanya dirasakan oleh pekerja di sektor pariwisata, namun juga hampir di semua sektor pekerjaan mengalami penurunan dan berujung pada meningkatnya kasus PHK ataupun dirumahkan. Setelah beberapa bulan berlalu, nyatanya grafik penyebaran virus ini masih terus meningkat. Tampaknya, masyarakat sudah mulai bosan berdiam di rumah sehingga tak lagi mengindahkan ajakan pemerintah untuk tetap di rumah dan menjaga jarak. Di artikel ini, kami memberikan aneka tips untuk hidup dengan new normal di Indonesia.

New Normal di indonesia, Sudah Siapkah Kamu(c) cermati.com

Bagaimanakah penularan Covid-19?

SARS-CoV-2 adalah nama virus penyebab Covid-19 dan mudah menyebar luas. Masa inkubasi virus selama 5-14 hari, sehingga kita mungkin tidak menyadari apabila sedang terinfeksi virus ini.

Virus SARS-CoV-2 bisa menular melalui:

  1. Droplets atau tetesan air liur. Droplets berasal dari batuk, bersin, bahkan ketika kita berbicara.
  2. Saling bersentuhan, seperti berpelukan dan berjabat tangan.
  3. Menyentuh benda-benda yang terpapar virus.

Lalu, bagaimanakah sebaiknya kita menjaga diri agar terhindar dari penyakit covid-19?

Pemerintah sudah berkali-kali menyerukan pentingnya social distancing, dan sebaiknya tetap di rumah saja. Kalaupun terpaksa harus keluar rumah, jangan lupa untuk selalu menggunakan masker dan tetap jaga jarak. Bagi yang sehat, cukup gunakan masker kain 3 lapis yang waterproof; namun jika sedang sakit, wajib menggunakan masker medis. Selain itu, rajinlah berolahraga, minum air putih, dan perbanyak istirahat. Bersabarlah hingga pemerintah sudah menetapkan new normal di Indonesia.

Jika pemerintah menetapkan new normal di Indonesia, siapkah kamu?

New normal adalah kondisi dimana sekolah, perkantoran dan obyek wisata mulai dibuka kembali. Berbagai metode transportasi, baik darat, laut, maupun udara, juga dibuka kembali untuk umum. Dengan kembalinya kegiatan bermasyarakat seperti sedia kala, tentu roda perekonomian akan kembali berputar.

Namun jangan lupa bahwa new normal bukanlah kondisi normal seperti sedia kala sebelum coronavirus atau covid-19 muncul. Sehingga, ada baiknya new normal di Indonesia diberlakukan ketika tren grafik jumlah kasus covid-19 di Indonesia sudah melandai, atau sudah tidak ada penambahan kasus yang terlalu signifikan. Karena itu, kita semua wajib mengikuti anjuran pemerintah supaya kondisi new normal di Indonesia bisa berjalan dengan baik, bukan malah menyebabkan penyebaran virus ini semakin meluas.

Tips menghadapi new normal di Indonesia

Untuk menghadapi era new normal di Indonesia, berarti kita perlu mempersiapkan ‘alat perang’ kemanapun kita pergi, diantaranya:

  1. Masker
    Tetap gunakan masker, karena penyebaran virus masih belum benar-benar berakhir. Ingat, masker medis hanya digunakan oleh para tenaga medis dan orang yang sakit flu/batuk. Bagi orang yang sehat, bisa menggunakan masker kain. Pemerintah menyarankan penggunaan masker kain 3 lapis untuk meminimalisir paparan droplets.
  2. Hand sanitizer
    Jika sulit menemukan wastafel, maka hand sanitizer akan membantu kita membersihkan tangan ketika tak sengaja menyentuh benda-benda yang mungkin terpapar virus. Rajinlah mencuci tangan atau gunakan hand sanitizer segera setelah menyentuh benda.
  3. Cairan disinfektan (spray)
    Berguna untuk menyemprot barang belanjaan, meja/kursi di tempat umum, tas belanja, ataupun alas kaki sebelum masuk mobil/rumah. Penggunaan disinfektan dengan dosis yang tepat dapat membunuh kuman dan virus.
  4. Tisu basah
    Jika tidak ada cairan disinfektan, maka tisu basah bisa digunakan untuk membersihkan berbagai benda, meja, dan kursi sebelum duduk di tempat umum.
  5. Botol minum
    Sebaiknya bawalah botol minum dari rumah. Pastikan tubuh kita tidak kekurangan cairan/dehidrasi untuk menjaga kebugaran tubuh.
  6. Tas belanja
    Gunakan tas belanja untuk mengamankan barang belanjaan. Selain lebih hemat, kita juga dapat meminimalisir kontak langsung dengan benda.

Selain dari ‘peralatan perang’ ini, kita juga harus disiplin dalam menjaga jarak dengan orang lain, hanya keluar rumah saat diperlukan, menjaga kebersihan rumah serta kesehatan diri sendiri. Pola makan sehat dan olahraga teratur amat dianjurkan untuk menjaga stamina tubuh.

Jadi, sekarang kamu sudah tahu kan apa saja yang perlu disiapkan ketika pemerintah mengumumkan kita akan menghadapi new normal di Indonesia kan? Ingat, new normal bukan berarti virus sudah punah. Tetaplah berhati-hati dan ikuti anjuran pemerintah. Mari kita bersama mendukung pemerintah untuk mengatasi pandemi covid-19 di negara Indonesia tercinta.

Baca juga artikel kesehatan lainnya di sini.

Editor: Mia & Diana

About the Author
fenny Seorang Ibu dengan 2 anak yang aktif mengelola sebuah online shop sejak tahun 2007. Menulis merupakan salah satu hobi yang sangat disukai, sehingga di waktu senggang selalu menyempatkan diri untuk menulis di blog.
Please follow and like us:
error20

Leave A Response