Pentingnya Asuransi Perjalanan Saat Wisata Bersama Keluarga

Posted on Apr 24 2017 - 10:57am by Mommy's Helper Bali

“Saya kesal, salah satu persyaratan urus visa untuk wisata ke luar negeri adalah harus memiliki asuransi perjalanan. Saya kan sudah punya asuransi jiwa, asuransi kesehatan sampai 1 milyar rupiah, kartu kredit saya juga sudah ada asuransinya. Tidak perlu lagi kan asuransi perjalanan,” demikian keluhan seorang ibu di suatu siang yang panas, di dalam kantor kami yang sejuk.

Saya persilakan sang ibu untuk duduk, sambil menawarkan minuman panas, hangat, atau dingin. Mohon maklum, di kantor kami aneka pilihan minuman tersedia sesuai premi yang dibayarkan hehehe..

“Rencana Ibu mau wisata kemana?” tanya saya memulai pembicaraan.
“Ke Eropa, bersama suami dan anak-anak.”
“Wuihhh… tentunya cukup mahal ya, Bu.”
“Iyaa.. satu orang sekitar 20 juta Rupiah.”
“Total sekitar 80 juta Rupiah dong, Bu?”
“Iyaa..”

Pesanan ibu, teh botol dingin telah sampai di meja. Saya pun mempersilakan si ibu untuk minum.

“Kalo misalnya nih, Bu,” kami melanjutkan pembicaraan, “Satu hari sebelum berangkat, salah satu dari Ibu dan Bapak, atau anak Ibu masuk rumah sakit karena sakit Demam Berdarah atau kecelakaan, Ibu dan keluarga yang sehat akan tetap berangkat?”
“Ya nggak dong Pak.. tidak mungkin kalau anggota keluarga sakit tapi kami tetap pergi liburan.”
“Terus… kalo tidak jadi berangkat, kira-kira semua biaya yang telah ibu bayar bisa kembali?”
“Tentu tidak bisa Pak. Bakal hangus.”
“Naahh.. kalo pakai asuransi perjalanan ini, biaya yang telah Ibu keluarkan akan diganti.”
“Masa Pak?”
“Iya Bu… justru inilah pentingnya memiliki asuransi perjalanan, berbeda dengan jenis asuransi lain yang sudah Ibu punya sebelumnya.”
“Ohhhhh…”

Siang Ibu mulai ramah sekarang. Entah karena teh botol dingin, atau karena penjelasan tadi mulai masuk.

Saya pun melanjutkan..
“Tadi ibu bilang sudah punya asuransi kesehatan?”
“Iya, Mas, limitnya 1 milyar Rupiah.” Wah.. sdh manggil “mas” nih.. pertanda bagus…

“Kira-kira ya Bu.. kalau ada yg sakit atau kecelakaan di Eropa nanti, Ibu bisa langsung tanpa mengeluarkan uang tunai, tanpa membayar tinggal menunjukkan kartu atau nomor polis ke Rumah Sakit disana?”

“Emmm..”, sang Ibu nampak ragu-ragu, kurang yakin. “Kalau di Indonesia sih sudah pasti bisa.. tapi kalo di Luar Negeri… kayaknya harus bayar dulu deh, Mas.”

“Ohhh.. kalo bayar sendiri… di Luar Negeri itu kan mahal ya Bu.. pernah ada yang mengeluarkan uang sampai 150 juta Rupiah.. bahkan ada yg sampai 500 jut Rupiah.. apakah Ibu ada dana ekstra sebanyak itu?”

“Waahhh.. ya tidak ada, Mas. Saya punya kartu kredit tetapi limitnya tentu tidak sebanyak itu.”

“Nah, dengan asuransi perjalanan, asal tidak ada hubungannya dengan pre-existing condition atau penyakit menahun / bawaan yg sudah ada sebelum bepergian, Ibu bisa langsung mendapatkan layanan tanpa mengeluarkan uang tunai. Tinggal menghubungi call centre, akan ditanggung sepenuhnya, Bu.”

“Oohhh begitu ya… Apakah berarti mahal biayanya?”
“Tidak juga, Bu.. bila dirata-rata setiap harinya kemungkinan hanya memakan biaya 20-30 ribu rupiah saja untuk setiap orangnya.”

“Waahhh, murah sekali….Baiklah, Mas, diproses saja polisnya kalau begitu.”
“Oke Bu, kami siap. Untuk perjalanan selanjutnya, Ibu tidak usah ke kantor kami lagi. Ibu tinggal menghubungi kami melaui Whatasapp atau email saja sebelum bepergian lagi.”
“Wahh.. enak sekali.. Ternyata prosesnya amat mudah ya.”

Pentingnya Asuransi Perjalanan

Cerita di atas menggambarkan dan menjelaskan tentang pentingnya asuransi perjalanan atau Travel Insurance. Sebetulnya asuransi perjalanan itu bukan hanya sekedar dokumen untuk formalitas saja yang diperlukan pada saat kita hendak mengajukan visa di kantor kedutaan negara tujuan wisata kita.

Pihak kedutaan setiap negara mengharuskan setiap orang yang akan memasuki wilayah negaranya untuk ditanggung oleh asuransi perjalanan, tujuannya adalah supaya jika terjadi risiko-risiko terhadap orang tersebut selama berada di negara tujuan, maka ada perusahaan asuransi yang akan menjamin orang tersebut.

Di bawah ini, saya akan sampaikan beberapa risiko yang bisa dijamin dalam asuransi perjalanan:

A. Kecelakaan Diri

Sejumlah uang santunan akan dibayarkan untuk kematian, kehilangan salah satu anggota badan, salah satu atau kedua mata, atau kelumpuhan total akibat kecelakaan yang terjadi selama dalam perjalanan.

B. Biaya Pengobatan, Gigi, Bantuan Kesehatan Darurat

  1. Biaya Pengobatan, Gigi dan lainnya

Penggantian biaya pengobatan Tertanggung seperti pengobatan gigi karena kecelakaan, biaya rumah sakit, biaya operasi, termasuk pengobatan traditional yang dialami / terjadi selama dalam perjalanan di luar negeri.

Biaya pengobatan di Indonesia

Penggantian biaya pengobatan yang didapatkan di rumah sakit di Indonesia sebagai lanjutan dari perawatan yang telah didapatkan di luar negri (maksimum 3 bulan untuk masa perawatan)

  1. Pemulangan Jenazah

Biaya untuk penguburan / kremasi atau pengembalian jenazah kembali ke Indonesia

  1. Manfaat perawatan anak dan kunjungan duka
  2. Evakuasi Medis dan Repatriasi

C. Ketidaknyamanan Perjalanan

  1. Tanggung Jawab Hukum pribadi

Jika Karena kelalaian anda pada saat dalam perjalanan lalu mengakibatkan luka badan atau kerusakan barang orang / pihak lain (pihak ketiga, termasuk biaya proses hukum yang terjadi bisa discover dalam travel insurance

  1. Penundaan Perjalanan
  2. Kehilangan uang muka atau pembatalan
  3. Pengurangan perjalanan
  4. Pembajakan

D. Bagasi dan Barang Milik Pribadi

  1. Bagasi dan Barang milik pribadi yang hilang
  2. Bagasi yang tertunda

E. Santunan Tunai Rumah Sakit

Untuk anda yang dirawat di rumah sakit lebih dari 24 jam akan memperoleh santunan tunai harian.

 

Apa yang disebutkan di atas adalah beberapa risiko pokok yang bisa dijamin di dalam asuransi perjalanan. Sebetulnya masih ada beberapa jaminan tambahan lagi yang bisa dijamin dalam asuransi perjalanan, namun yang disebutkan di atas adalah risiko-risiko yang sudah umum dijamin oleh perusahaan-perusahaan asuransi yang menjual asuransi perjalanan.

Bagi yang sedang merencanakan liburan bersama keluarga, atau yang sedang proses aplikasi visa, bisa menghubungi agen asuransi terdekat untuk penerbitan polis asuransi perjalanannya.

Pada kesempatan berikutnya, akan kita bahas saya akan tulis juga artikel mengenai jenis asuransi yang lainnya.

 

Kontributor

Nikodemus
Insurance Consultant & Insurance Claim Assistance
Untuk kontak, hubungi kami.

About the Author
Mommy's Helper Bali Mommy’s Helper Bali (MH Bali) merupakan komunitas para ibu di Bali yang ada sejak tahun 2012, dan bertujuan untuk menjadi wadah para ibu untuk sharing dan saling membantu dalam keseharian. Website ini dibuat sebagai bentuk realisasi dari visi MH Bali agar komunitas ini dapat berguna dan menjadi pengaruh positif untuk masyarakat luas melalui informasi yang dapat diakses oleh semua pengguna internet. Artikel di website ini ditulis oleh beberapa member MH Bali. Kami juga menerima kontribusi artikel, hubungi kami untuk info lebih lanjut.

Leave A Response