Pentingnya Medical Check Up – Prosedur, Manfaat, Biaya

Posted on Mar 30 2017 - 8:39am by Mommy's Helper Bali

Banyak orang yang belum menyadari pentingnya Medical Check Up (MCU), padahal istilah itu sudah tidak asing di telinga kita, tetapi masih segelintir orang yang mengerti, paham dan mau melaksanakannya. Apakah karena: banyak yang bilang biaya MCU selangit? Hal ini karena diproses secara menyeluruh. Sesuai dengan slogan yang berkembang di masyarakat yaitu “sehat itu mahal”. Namun, sebelum kita menjudge bahwa MCU itu mahal, mari kita ketahui dahulu makna dari MCU.

Pentingnya Medical Check Up

 

Pentingnya Medical Check Up

Medical Check Up (MCU) adalah pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh untuk mengetahui status kesehatan seseorang. MCU hanya sebagai alat ukur status kesehatan saja. Perlu ditekankan di sini, bahwa MCU bukan untuk mendiagnosa suatu gejala penyakit ataupun mengobati penyakit. Boleh dikatakan bahwa MCU itu tahap screening kesehatan kita. Pemeriksaan kesehatan ini akan difasilitasi oleh laboratorium dengan menawarkan paket-paket MCU. Paket-paket MCU yang ditawarkan sudah tentu bervariasi dengan beragam harga tentunya. Jadi bisa dikatakan bahwa harga menentukan kuantitas pemeriksaan yang dilakukan. Semakin banyak item pemeriksaan, maka harga menyesuaikan. Mungkin ini penyebab rumor MCU mahal, padahal tidak semahal yang dibayangkan jika dibandingkan dengan pengeluaran biaya yang nanti akan dihabiskan jika penyakit tidak terdeteksi dengan baik.

 

Siapa yang Dianjurkan Melakukan MCU?

Medical check up bisa diikuti oleh siapa saja yaitu :

  1. Masyarakat umum, sehat atau sakit;
  2. Calon nasabah dari sebuah perusahaan asuransi;
  3. Calon karyawan suatu perusahaan;
  4. Pemeriksaan berkala karyawan perusahaan.

 

Prosedur Medical Check Up

Sebelum melakukan Medical Check Up, ada prosedur yang harus dilalui oleh seorang peserta MCU:

  1. Anamnesis dan Pemeriksaan Fisik

Seorang dokter akan melakukan anamnesis yang dilanjutkan dengan pemeriksaan fisik kepada peserta MCU. Tujuannya adalah untuk mengetahui keadaan kesehatan pasien saat sekarang dan terdahulu, riwayat penyakit keluarga yang diderita, serta keluhan utama yang dirasakan pasien saat ini.

Pemeriksaan fisik dilakukan dari kepala hingga kaki, pengukuran tekanan darah, berat badan, Indeks Massa Tubuh (IMT) dan suhu tubuh. Pemeriksaan fisik dilakukan melalui teknik inspeksi (melihat secara menyeluruh), palpasi (menekan), perkusi (mengetuk), dan auskultasi (mendengar dengan alat bantu stetoskop). Pada tahap ini, dokter akan memberikan pemeriksaan secara komprehensif kepada peserta MCU.

  1. Pemeriksaan Laboratorium

  • Darah

Pengambilan sampel darah dilakukan oleh seorang professional. Darah akan ditampung dalam sebuah tabung vacuum. Pengambilan sampel darah bisa dilakukan 2 kali jika terdapat pemeriksaan darah glukosa puasa 2 jam Post Prandial (PP).

  • Urine

Penampungan sampel urine dilakukan pada urine pancar tengah yang sebelumnya kita dianjurkan untuk mencuci terlebih dahulu organ intim.

  • Feces / tinja
  • Cairan tubuh lainnya

 

  1. Pemeriksaan Non Laboratorium

  • EKG

Pemeriksaan EKG bertujuan untuk mengetahui fungsi jantung saat kondisi tubuh berelaksasi.

  • Rontgen

Pemeriksaan rontgen (RO) merupakan tindakan menggunakan radiasi untuk mengambil gambar bagian dalam dari tubuh seseorang.

  • USG

USG merupakan pemeriksaan penunjang diagnostik yang memanfaatkan gelombang ultrasonik frekuensi tinggi dalam menghasilkan imajing, tidak menggunakan radiasi, tidak menimbulkan rasa sakit (non traumatic) serta tidak menimbulkan efek samping (non invasif).

  • Treadmill

Tes treadmill merupakan pemeriksaan yang dapat memberikan informasi fungsi jantung saat beraktifitas yang mungkin tidak muncul saat rekam EKG.

  • Spirometri

Spirometri merupakan pemeriksaan yang membantu mendiagnosis berbagai kondisi paru-paru, untuk memonitor kinerja paru-paru dan responnya terhadap perawatan yang sedang dilakukan.

  • Audiometri

Pemeriksaan yang bertujuan untuk mengetahui tingkat/ambang batas pendengaran seseorang dan jenis gangguannya, bila ada. Pemeriksaan dilakukan dengan memakai alat audiogram nada murni di dalam ruang kedap suara.

  • Gigi

Pemeriksaan dilakukan oleh dokter gigi yang bertujuan untuk:

  • Mengetahui seberapa sehat gigi dan gusi;
  • Mengevaluasi risiko pembusukan gigi dan penyakit gusi;
  • Mengidentifikasi tanda-tanda yang tidak biasa dalam rongga mulut, seperti perubahan warna mukosa mulut atau leukoplakia (bercak putih dan abu-abu di dalam mulut) yang dapat menjadi tanda kelainan yang lebih serius, seperti infeksi maupun keganasan.

 

  1. Konsultasi

Tahap akhir dari MCU adalah konsultasi hasil yang dilakukan oleh dokter umum ataupun spesialis penyakit dalam. Dokter akan menganjurkan pemeriksaan lebih lanjut jika ditemukan suatu gejala atau tanda atau hasil pemeriksaan penunjang yang diluar batas normal. Bila tingkat kesehatan Anda secara umum baik, medical check up berikutnya bisa Anda lakukan dua tahun kemudian.

 

Manfaat Medical Check Up

Banyak keuntungan yang akan kita dapat dari melakukan medical check up secara rutin. Keuntungannya antara lain:

  1. Dengan melakukan medical check up secara rutin minimal 1 tahun sekali, kesehatan kita termonitor dengan baik.
  2. Rasa khawatir yang berlebihan akan berkurang ketika hasil MCU menyatakan tubuh kita dalam keadaan sehat.
  3. Jika pada hasil medical check up ditemukan adanya gangguan, tentunya dapat segera dilakukan pengobatan untuk mencegah penyakit bertambah parah.

Jadi dengan demikian, medical check up termasuk pencegahan sekunder, yaitu deteksi dini.

 

Info lebih lanjut:
NIKI DIAGNOSTIC CENTER
Jl. Gatot Subroto II no.5
Denpasar – Bali
Website
Telp: (0361) 425 333
Fax: (0361) 430 236
Buka: 07.00 – 22.00 WITA

About the Author
Mommy's Helper Bali Mommy’s Helper Bali (MH Bali) merupakan komunitas para ibu di Bali yang ada sejak tahun 2012, dan bertujuan untuk menjadi wadah para ibu untuk sharing dan saling membantu dalam keseharian. Website ini dibuat sebagai bentuk realisasi dari visi MH Bali agar komunitas ini dapat berguna dan menjadi pengaruh positif untuk masyarakat luas melalui informasi yang dapat diakses oleh semua pengguna internet. Artikel di website ini ditulis oleh beberapa member MH Bali. Kami juga menerima kontribusi artikel, hubungi kami untuk info lebih lanjut.

Leave A Response