Yuk, Kenali Perbedaan Jenis Lipstik dan Fungsinya

Posted on Nov 30 2017 - 3:19pm by Titin Isyana

Berdandan tentunya belum lengkap tanpa memulas bibir dengan pewarna bibir, yang biasa kita sebut lipstik. Bagi wanita, lipstik merupakan salah satu perlengkapan wajib yang ada di meja rias dan di tas tangan. Ada berbagai jenis lipstik yang beredar di pasaran dengan beragam tekstur, bentuk, dan kemasannya. Saking banyaknya, sampai-sampai kita bingung memilih jenis lipstik mana yang sebaiknya dibeli, belum lagi pilihan warna yang semuanya cantik dan menarik.

Mengenal Perbedaan Jenis Lipstik dan Fungsinya

(c) Owned by the author

Mengenal Perbedaan Jenis Lipstik dan Fungsinya

Berikut ini adalah beberapa jenis lipstik dan fungsinya. Kira-kira, jenis lipstik mana yang sesuai untuk Anda?

  1. Lip Liner

Belakangan ini banyak merek kosmetik mengeluarkan produk berbentuk pensil yang disebut lip liner. Lip liner bukanlah pewarna bibir. Fungsi lip liner adalah untuk membantu bibir tipis agar terlihat lebih bervolume. Garislah bibir dengan lip liner yang biasanya berbentuk pensil tersebut dengan warna satu tingkat lebih tua dari warna bibir alami Anda. Sebisa mungkin jangan menggariskan lip liner di luar bibir Anda karena akan terlihat tidak natural.

Namun, ada pula yang menggunakan lip liner untuk mewarnai keseluruhan bibir sebelum ditumpuk dengan lipstik dengan tujuan agar warna lipstik lebih tahan lama. Tekstur lip liner lebih pekat dari pada lipstik pada umumnya dan menjadikan bibir jadi tampak lebih penuh.

2. Cream Lipstick

Cream lipstick banyak diminati karena teksturnya yang lembut di bibir, berpigmen warna kuat, dan membuat efek “penuh” pada bibir. Hampir semua merek kosmetik mengeluarkan jenis lipstik ini. Walaupun bernama cream lipstick, kandungan pelembab di jenis lipstick ini sangat minim. Formula cream lipstick biasanya mengandung lapisan lilin yang bertujuan melindungi bibir dari sinar matahari langsung, tak jarang malah dapat membuat bibir kering hingga pecah-pecah. Untuk itu, sebaiknya Anda rutin menggunakan lip balm atau pelembab bibir ketika tidak sedang menggunakan lipstik.

3. Sheer Lipstick dan Satin Lipstick

Bertekstur lembut seperti cream lipstick, jenis sheer ini berwarna hampir transparan dan hanya berfungsi menambahkan rona di bibir. Karena formulanya mengandung relatif banyak pelembab, lipstik jenis ini tidak tahan lama di bibir dan harus dipulas berkali-kali. Jika Anda penggemar make up ala Korea, sheer lipstick sangat cocok untuk menonjolkan kesan natural dan innocent pada riasan wajah.

Sedangkan Satin lipstick juga cocok untuk melengkapi tata rias natural. Jenis satin menimbulkan kesan lebih mengilap pada bibir, walaupun juga mudah terhapus seperti sheer lipstick.

4. Matte Lipstick

Ini nih, jenis lipstik yang sedang tren dan digandrungi. Hampir semua wanita suka dengan finishing touch yang dihasilkan lipstik matte. Selain paling tahan lama dibanding dengan jenis lipstik lainnya, warna pekat berpigmen kuat juga menambah kesan elegan pada si pemakai, menambah percaya diri karena tidak khawatir lipstik tiba-tiba hilang sebagian – ketika sedang minum dengan rekan bisnis misalnya.

Namun, kekurangan jenis matte ini juga terletak pada formulanya yang dapat membuat beberapa tipe bibir menjadi kering dan pecah-pecah. Karena itu, beberapa merek kosmetik menambahkan pelembab alami seperti misalnya minyak zaitun pada formula matte lipstick yang bermanfaat untuk menghidrasi bibir. Namun, jika bibir Anda mudah kering, sebaiknya tidak terlalu sering menggunakan jenis lipstik ini.

5. Frosty Lipstick

Lipstik yang populer di tahun 80-an ini kembali menjadi tren pada pertengahan tahun 2017. Setelah dipulaskan ke bibir, frosty lipstick memberikan nuansa kilau keperakan yang menimbulkan kesan glamor dan mewah. Lipstik dengan tekstur serupa cream lipstick dengan taburan glitter berlimpah ini tidak selalu cocok untuk semua orang atau acara.

 

Nah, jenis-jenis lipstik di atas ada yang berbentuk padat dan cairan, yang keduanya dapat diaplikasikan dengan kuas bibir. Selain memperhatikan jenis lipstik, tentunya pemilihan warna lipstik juga sangat mempengaruhi keseluruhan penampilan Anda. Pastikan warna yang Anda pilih merupakan warna yang nyaman Anda kenakan dan membantu menonjolkan keseluruhan penampilan.

 

Sumber Artikel:
http://www.cosmopolitan.co.id/article/read/5/2015/7529/kenali-7-jenis-lipstik-ini-dan-cara-pengaplikasiannya 
http://www.lipstickhistory.com/lipstick-facts/types-of-lipsticks/
About the Author
Titin Isyana Titin adalah penggagas komunitas Mommy's Helper Bali, yang juga seorang penulis lepas di salah satu agensi penulis artikel. Di waktu senggangnya ia gemar membaca buku, menonton film bersama suami, dan menemani putri semata wayangnya bermain.

Leave A Response