Percobaan Sains dengan Soda Kue yang Menyenangkan

Posted on May 18 2016 - 12:43pm by Mia Aristanti

Pendidikan anak dimulai dari rumah. Dari usia sekitar satu tahun, saat anak mulai tertarik mengeksplorasi dunia sekitar, rumah menjadi tempat belajar yang ideal untuk memuaskan rasa ingin tahunya yang tinggi.  Bila kita amati, banyak sekali barang yang kita gunakan sehari-hari di rumah yang dapat dialihfungsikan sebagai mainan edukasi rumahan untuk buah hati kita. Daerah paling sesuai untuk si kecil bereksplorasi adalah dapur, di mana dapat ditemukan benda-benda yang sangat asik untuk dimainkan. Kita dapat menggunakan sejumlah peralatan dapur dan bahan-bahan makanan sebagai mainan edukasi rumahan yang mudah dan murah. Salah satu contoh mainan edukasi anak yang bisa kita buat dalam sekejap adalah percobaan sains dengan soda kue.

Percobaan Sains dengan Soda Kue

(c) Mia Aristanti

 

Soda kue (baking soda), atau nama ilmiahnya Sodium Bikarbonat, sering digunakan sebagai bahan pengembang kue. Jika soda kue dicampur dengan cairan asam, maka akan terbentuk buih-buih gelembung yang seru. Untuk cairan asam, gunakan cuka yang diwarnai dengan pewarna makanan. Buih gelembung yang terbentuk akan memiliki warna sesuai dengan pewarna makanan yang digunakan.

Percobaan sains ini cocok dilakukan bagi anak-anak usia balita. Selain aspek mengamati sebab akibat, aktivitas ini juga melatih gerakan motorik halus termasuk pincer grip (saat memanipulasi pipet), menambah kosakata seputar bentuk dan warna, sekaligus stimulasi sensori. Selain itu, percobaan sains dengan soda kue ini dapat melatih pemikiran kritis anak sejak usia dini.  Di bawah ini adalah penjelasan tentang bagaimana melakukan aktivitas  mainan edukasi dengan soda kue ini.

Percobaan Sains dengan Soda Kue

Bahan yang dibutuhkan:

  • Soda kue (baking soda) 1 botol
  • Cuka 1 botol
  • Pewarna makanan 3 – 4 warna
  • Pipet, sendok , sedotan
  • Beberapa mangkuk

Cara memainkan:

  • Ajak anak memindahkan beberapa sendok soda kue ke dalam wadah-wadah yang telah disediakan.
  • Di wadah lain, tuangkan cuka dan bubuhi 1-2 tetes pewarna makanan. Buat beberapa wadah dengan warna yang berbeda-beda.
  • Ajak anak untuk meneteskan air cuka tadi ke atas soda kue dengan menggunakan pipet, sendok atau sedotan.
  • Amati reaksi yang terjadi dan diskusikan bersama anak. Apakah yang terjadi saat kita meneteskan 1-2 tetes air cuka, dibandingkan dengan menuangkan beberapa sendok sekaligus?

Bagi orang tua, sangat menarik saat kita mengamati wajah anak saat melakukan eksperimen ini. Betapa mereka terpesona dengan terbentuknya buih gelembung dengan serta-merta. Anak-anak sangat menyukai percobaan di mana mereka bisa turun tangan langsung. Tentunya, pengawasan orang tua sangat dibutuhkan dalam  melakukan aktivitas mainan edukasi rumahan ini.

Percobaan Sains dengan Soda Kue 2

(c) Mia Aristanti

Variasi Percobaan Sains dengan Soda Kue

Kita dapat mengembangkan aktivitas ini dengan beberapa cara sebagai berikut:

  1. Letakkan soda kue di dalam gelas dan tutup sekeliling permukaan gelas dengan playdough menyerupai gunung berapi. Tuangi air cuka yang diberi warna merah dan jadilah percobaan sains gunung berapi dengan lava mengalir.
  2. Bekukan air cuka warna-warni dalam cetakan es di lemari pendingin. Setelah beku, letakkan di piring dan bubuhkan soda kue di atasnya. Amati reaksi yang terjadi.
  3. Isi botol bertutup kecil dengan air cuka. Dengan menggunakan corong, tuang soda kue ke dalam sebuah balon. Kemudian, pasang balon itu di tutup botol dan balikkan sehingga soda kue tumpah ke dalam botol. Lihatlah reaksi yang terjadi – balon akan mengembang secara ajaib!

Dengan biaya yang relatif murah, kita dapat menyediakan mainan edukasi rumahan yang bermutu bagi anak-anak. Selamat menikmati percobaan sains dengan soda kue bersama buah hati Anda!

 

Referensi: http://teachingmama.org/5-baking-soda-experiments/
About the Author
Mia Aristanti Mia adalah salah satu anggota management Mommy's Helper dengan segudang kegiatan. Selain sebagai seorang istri dan ibu dari seorang anak laki-laki, dia juga memiliki usaha makanan sehat dan juga berprofesi sebagai penterjemah lepas. Dengan hobi olahraga outdoor, membaca, memasak dan menekuni mainan edukasi untuk sang buah hati, tantangan sehari-hari adalah menemukan keseimbangan hidup untuk melakukan semua hal itu.

Leave A Response