Resep Roti Tawar Lembut dan Mudah Dibuat

Posted on Oct 20 2020 - 12:08pm by Mommy's Helper Bali

Sudah hampir tujuh bulan ini kita dianjurkan untuk membatasi kegiatan di luar rumah demi mengurangi resiko penularan virus Covid-19. Oleh sebab itu, kita memiliki lebih banyak waktu luang di rumah bersama keluarga tercinta. Salah satu aktivitas bermanfaat yang bisa dilakukan bersama anggota keluarga yang lain adalah memasak bersama, misalnya dengan resep roti tawar lembut dan enak.

resep roti tawar lembut(c) Owned by the author

Manfaat baking di rumah selama pandemi

Selain merupakan kegiatan di rumah yang menyenangkan, anak-anak yang ikut mengambil bagian dalam masak-memasak di rumah juga cenderung lebih menikmati makanan dan lebih tidak rewel dalam memilih menu hidangan. Salah satu menu andalan keluarga yang ingin saya bagikan adalah resep roti tawar lembut dan mudah dibuat.

Kenapa roti tawar? Karena roti tawar adalah salah satu jenis roti yang digemari anak-anak, bisa menjadi pilihan sarapan praktis, serta bisa disajikan dengan berbagai pilihan rasa. Roti tawar ini bisa disajikan manis bila dioles selai coklat, strawberry, ataupun selai kacang favorit keluarga. Sebagai pilihan lain, roti tawar bisa juga disajikan gurih sebagai sandwich dengan tambahan telur, ham, atau bacon.

Manfaat lain dari membuat roti tawar adalah kualitas roti yang kita konsumsi dapat terjamin. Bila kita membuat sendiri roti tawar di rumah, kita bisa memilih jenis dan kualitas bahan yang terbaik dan memastikan roti yang kita konsumsi bebas dari bahan pengawet ataupun bahan kimia lainnya.

Mari kita praktikkan resep roti tawar lembut dari Moucup yang lembut dan lezat ini.

 

Resep roti tawar lembut ala Moucup

Berikut bahan-bahan untuk membuat resep roti tawar lembut:

  • 300 gram tepung terigu protein tinggi
  • 13 gram susu bubuk
  • 55 gram gula pasir
  • 20 gram whipped cream
  • 200 susu cair
  • 3-5 gram ragi instan
  • 4 gram garam
  • 30 gram mentega

Setelah menyiapkan bahan, berikut cara dan langkah membuatnya.

Cara membuat roti tawar yang lembut, empuk, dan enak

  1. Campur tepung terigu, susu bubuk, gula pasir, whipped cream, dan susu cair, dan ragi instan, lalu uleni hingga tidak lengket di tangan (bila menguleni dengan tangan), atau selama 10 menit bila menggunakan mixer.
  2. Tambahkan mentega dan garam ke dalam adonan lalu lanjut uleni hingga adonan kalis elastis.
  3. Bentuk adonan menjadi bola taruh di wadah bersih, tutup dengan clingwrap atau lap basah. Simpan ditempat tertutup selama 45-60 menit, atau sampai adonan mengembang 2 kali lipat.
  4. Gilas adonan yang sudah mengembang untuk mengeluarkan kantong-kantong udara di dalamnya. Lalu bagi adonan menjadi 2 atau 3 bagian yang sama berat.
  5. Bulatkan masing-masing bulatan lalu tutup adonan dengan clingwrap atau lap basah selama 15 menit.
  6. Siapkan loyang roti tawar 20x10x10 cm, olesi margarin.
  7. Gilas, gulung dan bentuk semua adonan menjadi silinder, lalu letakkan dengan rapi di dalam loyang. Tutup loyang dengan clingwrap atau lap basah. Tunggu selama 60-90 menit atau sampai adonan setinggi kurang dari 1cm tinggi loyang.
  8. Panaskan oven pada suhu 180 derajat Celcius api atas dan bawah selama 15-20 menit.
  9. Setelah adonan mengembang olesi dengan susu cair dan tutup loyangnya.
  10. Panggang dalam oven selama 30-45 menit, dengan suhu api atas dan bawah 180 derajat Celsius. (lama memanggang tergantung jenis oven).
  11. Keluarkan roti tawar dari loyang lalu olesi dengan mentega agar kulitnya tetap lembap.
  12. Tunggu roti hingga dingin lalu potong-potong menjadi 10 bagian. Roti tawar pun siap dinikmati oleh keluarga tercinta.

 

Tips membuat roti tawar lembut dan enak

Selain cara membuatnya, berikut saya bagikan beberapa tips agar dapat menghasilkan roti tawar yang lembut, empuk, dan enak.

TIPS 1

adonan kalis

Untuk mengecek apakah adonan sudah kalis, ambil sedikit adonan lalu regangkan membentuk membran. Bila sudah terbentuk membran setipis tisu, maka adonan sudah kalis.

TIPS 2

adonan mengembang

Untuk mengetes apakah adonan sudah cukup mengembang, tekan adonan, apabila ada bekas tekanan jari kita, artinya adonan sudah cukup mengembang.

Tunggu apa lagi, Bunda? Mari praktikkan resep roti tawar lembut ini bersama keluarga tercinta.

Untuk melihat aneka resep masakan lain untuk anak-anak, silakan klik di sini.

 

Kontributor

Ninni Angga Rani, seorang dokter sekaligus ibu dari tiga anak yang gemar baking dan mencoba aneka resep masakan.

Editor: Mia & Diana

 

About the Author
Mommy's Helper Bali Mommy’s Helper Bali (MH Bali) merupakan komunitas para ibu di Bali yang ada sejak tahun 2012, dan bertujuan untuk menjadi wadah para ibu untuk sharing dan saling membantu dalam keseharian. Website ini dibuat sebagai bentuk realisasi dari visi MH Bali agar komunitas ini dapat berguna dan menjadi pengaruh positif untuk masyarakat luas melalui informasi yang dapat diakses oleh semua pengguna internet. Artikel di website ini ditulis oleh beberapa member MH Bali. Kami juga menerima kontribusi artikel, hubungi kami untuk info lebih lanjut.
Please follow and like us:
error20

Leave A Response