Wanita dan Serba-serbi Pemeriksaan Pap Smear

Posted on Jan 23 2017 - 8:29am by Mommy's Helper Bali

Pemeriksaan Pap Smear itu apa sih? Apakah benar mampu mendeteksi kanker pada wanita? Bagaimana proses pemeriksaannya?

Pemeriksaan Pap Smear

(c) Niki Diagnostic Center

Kanker pada Wanita

Data Globocan tahun 2012 menyebutkan kanker di seluruh dunia mencapai 530.232 kasus dan di Asia dilaporkan 312.990 adalah kasus kanker leher rahim (59%), dari jumlah global maupun di Asia, 50% kasus mengalami kematian. Laporan WHO menyatakan, tiap tahun terjadi 500.000 kasus baru kanker leher rahim di dunia, sekitar 266.000 berakhir dengan kematian, dan hampir 87% kasus terjadi di negara berkembang (WHO/ICO, 2013). Menurut data GLOBOCAN (IARC) juga, tahun 2012 diketahui bahwa kanker payudara merupakan penyakit kanker dengan persentase kasus baru (setelah dikontrol oleh umur) tertinggi, yaitu sebesar 43,3%, dan persentase kematian (setelah dikontrol oleh umur) akibat kanker payudara sebesar 12,9%.

Pemeriksaan Pap Smear

Pemerintah Indonesia menunjukkan kepedulian terhadap kesehatan wanita Indonesia melalui peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia nomor 34 tahun 2015, tentang Penanggulangan Kanker Payudara dan Kanker Leher Rahim. PAP SMEAR adalah salah satu langkah pengujian dari segi medis untuk deteksi dini adanya gangguan pada leher rahim. Beberapa wanita yang belum mengenal istilah pemeriksaan Pap Smear pasti akan bertanya-tanya, penasaran dan bahkan akan mencari tahu. Wanita cerdas Indonesia akan lebih peduli dengan kesehatan dirinya bukan? Baiklah…artikel kali ini kita akan membahas tentang pemeriksaan PAP SMEAR. Tak kenal maka tak sayang, tak tahu maka tak akan peduli, betul?

Pap Smear adalah suatu metode pemeriksaan sel-sel yang bahannya diambil dari leher rahim kemudian diperiksa dibawah mikroskop. Banyak dari para wanita membayangkan pemeriksaan Pap Smear itu menyeramkan, namun tidak demikian adanya.

Pentingnya Pemeriksaan Pap Smear

Pemeriksaan Pap Smear berguna sebagai pemeriksaan penyaring (screening) dan pendeteksi adanya perubahan sel ke arah keganasan secara dini sehingga kelainan pra-kanker dapat diketahui segera. Ketika deteksi dini sudah dilakukan lalu ditemukan suatu gangguan, maka pengobatannya akan menjadi lebih murah dan mudah.

Ditinjau dari satu kegunaan tadi, maka pemeriksaan PAP SMEAR menjadi sangat penting bagi seorang wanita yang sudah aktif melakukan hubungan seksual. Selain manfaat di atas, ada bebrapa penjabaran dari manfaat pemeriksaan PAP SMEAR lainnya.

Manfaat Pemeriksaan Pap Smear

Manfaat Pap Smear secara rinci dapat dijabarkan sebagai berikut (Manuaba,2005):

1. Diagnosis dini keganasan

Pap Smear berguna dalam mendeteksi dini kanker serviks, kanker korpus endometrium, keganasan tuba fallopi, dan mungkin keganasan ovarium.

2. Perawatan lanjutan dari keganasan

Pap Smear berguna sebagai perawatan lanjutan setelah operasi dan setelah mendapat kemoterapi dan radiasai.

3. Interpretasi hormonal wanita

Pap Smear bertujuan untuk mengikuti siklus menstruasi dengan ovulasi atau tanpa ovulasi, menentukan maturitas kehamilan, dan menentukan kemungkinan sebab dini keguguran pada hamil muda.

4. Menentukan proses peradangan

Pap Smear berguna untuk menentukan proses peradangan pada berbagai infeksi bakteri dan jamur.

syarat pap smear

(c) Niki Diagnostic Center

Kapan Waktu yang Tepat?

American Cancer Society (2009) merekomendasikan:

  • Semua wanita sebaiknya memulai skrining 3 tahun setelah pertama kali aktif secara seksual.
  • Pap Smear dilakukan setiap tahun.
  • Wanita yang berusia 30 tahun atau lebih dengan hasil tes Pap Smear normal sebanyak tiga kali, melakukan tes kembali setiap 2-3 tahun, kecuali wanita dengan risiko tinggi harus melakukan tes setiap tahun.
  • Selain itu, wanita yang telah mendapat histerektomi total tidak dianjurkan melakukan tes Pap Smear lagi. Namun pada wanita yang telah menjalani histerektomi tanpa pengangkatan serviks tetap perlu melakukan tes Pap Smear atau skrining lainnya sesuai rekomendasi di atas.

Menurut American College of Obstetricians and Gynecologists (1989) dalam Feig (2001), merekomendasikan:

  • Setiap wanita menjalani Pap Smear setelah usia 18 tahun atau setelah aktif secara seksual.
  • Bila tiga hasil Pap Smear dan satu pemeriksaan fisik pelvik normal, interval skrining dapat diperpanjang, kecuali pada wanita yang memiliki partner seksual lebih dari satu.

Selain itu:

  • Pap Smear tidak dilakukan pada saat menstruasi, karena darah dan sel dari dalam rahim dapat mengganggu keakuratan hasil pap smear.
  • Waktu yang paling tepat melakukan Pap Smear adalah 10-20 hari setelah hari pertama haid terakhir.
  • Pada pasien yang menderita peradangan berat pemeriksaan ditunda sampai pengobatan tuntas.
  • Dua hari sebelum dilakukan tes, pasien dilarang mencuci atau menggunakan pengobatan melalui vagina. Hal ini dikarenakan obat tersebut dapat mempengaruhi hasil pemeriksaan.
  • Wanita tersebut juga dilarang melakukan hubungan seksual selama 1-2 hari sebelum pemeriksaan Pap Smear.

Langkah-langkah Pemeriksaan Pap Smear

Jika kepedulian itu muncul dari diri sendiri apalagi untuk diri sendiri, dijamin rasa takut dan ngeri itu akan hilang. Karena pikiran negatif akan menghambat langkah kita. Jadi jangan takut hanya karena membayangkan pengambilan sampel PAP SMEAR yang belum tentu seperti cerita orang-orang. Perasaan nyaman saat pengambilan sampel akan tercipta ketika klien berelaksasi.

Teknik pemeriksaan pap smear dilakukan dengan cara mengambil lendir leher rahim. Tetaplah berelaksasi sampai pengambilan selesai dilakukan. Peran serta petugas kesehatan saat pengambilan sampel dalam menciptakan suasana nyaman terhadap klien sangat dibutuhkan.

Wanita Indonesia sebagai gerbang terlahirnya tunas bangsa yang berkualitas yang penuh harapan. Menjaga kesehatan itu penting, karena calon ibu dan ibu yang sehat dapat mencetak tunas harapan bangsa yang super. Sayangi kesehatan sebelum terlambat dan merenggut kebahagian kita.

Info lebih lanjut:
NIKI DIAGNOSTIC CENTER

Jl. Gatot Subroto II no.5
Denpasar – Bali
Website
Telp: (0361) 425 333
Fax: (0361) 430 236
Buka: 07.00 – 22.00 WITA

About the Author
Mommy's Helper Bali Mommy’s Helper Bali (MH Bali) merupakan komunitas para ibu di Bali yang ada sejak tahun 2012, dan bertujuan untuk menjadi wadah para ibu untuk sharing dan saling membantu dalam keseharian. Website ini dibuat sebagai bentuk realisasi dari visi MH Bali agar komunitas ini dapat berguna dan menjadi pengaruh positif untuk masyarakat luas melalui informasi yang dapat diakses oleh semua pengguna internet. Artikel di website ini ditulis oleh beberapa member MH Bali. Kami juga menerima kontribusi artikel, hubungi kami untuk info lebih lanjut.

Leave A Response