Liburan Keluarga di Singapura – Tempat Liburan Anak di Singapura

Posted on Sep 1 2016 - 1:23pm by Mia Aristanti

Tempat liburan anak di Singapura tentunya menjadi daya tarik tersendiri saat liburan keluarga di Singapura. Di artikel sebelumnya, kita telah membahas tips bagaimana mempersiapkan liburan keluarga ke Singapura. Seperti telah dibahas sebelumnya, liburan keluarga memiliki banyak manfaat, seperti membuka wawasan dan pikiran, belajar tentang banyak hal baru, dan meningkatkan kekompakan keluarga. Dengan berkunjung ke negara lain, kita bisa kembali ke rumah dengan banyak kenangan dan pelajaran yang tak terlupakan.

“Travel is the only thing you buy that makes you richer.” – Unknown

Tempat Liburan Anak di Singapura

(c) Mia Aristanti

Singapura memiliki begitu banyak tempat dan kegiatan seru yang tidak terdapat di kampung halaman. Anda dapat membeli tiket lebih awal untuk mendapat harga promo dari website masing-masing tempat untuk masuk ke tempat liburan berbayar di Singapura, biasanya di laman Special Offer. Beberapa kali kami mendapat penawaran khusus dengan pembelian tiket lebih awal dengan menggunakan kartu kredit tertentu. Di website ada juga penawaran khusus bila Anda membeli tiket bundling (satu tiket untuk 2-4 lokasi wisata) yang disebut tiket Park Hopper. Alternatif lain, Anda dapat membeli banyak tiket murah di website www.qoo10.sg, tetapi seringkali Anda memerlukan alamat pengiriman di Singapura. Pilihan kedua ini bisa dilakukan apabila Anda telah melakukan bukingan hotel, atau menggunakan alamat teman/kerabat di Singapura. Belilah tiket sekitar sebulan sebelum tanggal keberangkatan Anda, tiket-tiket promo ini tidak memiliki tanggal pemakaian jadi Anda bisa gunakan kapan saja saat Anda berada di sana.

Tempat Liburan Anak di Singapura

Di bawah ini kami berbagi lima tempat liburan berbayar di Singapura favorit kami yang bisa juga Anda dilakukan bersama anak-anak saat liburan di Singapura.

 

Kids STOP at Science Centre

Tempat Liburan Berbayar Di Singapura

(c) Mia Aristanti

Lokasi: Science Centre, Jurong

Waktu: setiap hari  dalam dua sesi, sesi pagi jam 9.30 – 13.30 dan sesi siang 14.00 – 18.00

Biaya: Anak-anak di bawah 18 bulan gratis, 18 bulan – 8 tahun S$20 (weekend S$23), dewasa S$10 (weekend S$13) untuk waktu bermain selama 4 jam

Booking: tidak perlu, beli tiket di tempat

Angkutan umum: Bus kota (halte Science Centre), MRT (stasiun Jurong East Interchange) dan jalan kaki 10 menit menuju Science Centre

Catatan: Wajib memakai kaus kaki.

Kids STOP adalah wahana edutainment anak-anak yang berlokasi di dalam Science Centre. Wahana ini lebih cocok untuk anak-anak di bawah 8 tahun yang belum dapat menikmati Science Centre. Berbagai aktivitas bermain dapat dilakukan di sini, semua dengan tema sains sederhana. Belajar tentang gravitasi, dinosaurus, energi, badan manusia, pesawat terbang, supermarket dan sebagainya. Sangat seru dan menyenangkan. Bagi anak-anak yang lebih besar, dapat menikmati Science Centre di mana mereka dapat belajar tentang berbagai jenis percobaan dan ilmu pengetahuan.

Info lebih lanjut tentang Kids STOP dapat diklik di sini.

 

Jurong Bird Park

Tempat Liburan Berbayar di Singapura

(c) Mia Aristanti

Lokasi: Jurong East

Waktu: setiap hari jam 8.30 – 18.00

Biaya: anak-anak dibawah 3 tahun gratis, 3-12th S$19, dewasa S$29

Booking: tidak perlu

Angkutan umum: Bus kota (stasiun Boon Lay), MRT (stasiun Boon Lay) kemudian naik bus yang langsung sampai ke depan Bird Park

Jurong Bird Park yang telah beroperasi sejak tahun 1971 adalah salah satu suaka burung terlengkap di dunia dan terbesar di Asia dengan lebih dari 5,000 burung dari 400 species. Anda dapat menghabiskan waktu sehari penuh untuk menikmati koleksi burung, aneka aktivitas dan berbagai pertunjukan di tempat ini. Karena lokasi yang terletak di ujung Singapura, lebih baik berangkat sepagi mungkin dan alokasikan waktu lebih lama. Terdapat juga taman bermain dan waterpark disini, jadi bawalah baju renang dan handuk bila Anda ingin berenang.

Info lebih lanjut tentang Jurong Bird Park dapat diklik di sini.

 

Singapore Zoo, River Safari dan Night Safari

Tempat Liburan Berbayar Di Singapura

(c) Mia Aristanti

Lokasi: 80 Mandai Lake Road

Waktu: setiap hari jam 8.30 – 18.00, Night Safari jam 19.15 – 24.00

Biaya: anak-anak dibawah 3 tahun gratis, 3-12th S$20 – 30, dewasa S$30 – 45

Booking: tidak perlu

Angkutan umum: MRT (stasiun Choa Chu Kang kemudian naik bus nomor 927, atau stasiun Ang Mo Kio kemudian naik bus nomor 138)

Tiga tempat atraksi di satu lokasi, Anda bisa menghabiskan sepanjang hari dan malam di sini. Ketiga tempat ini merupakan atraksi paling populer di Singapura. Anda tidak perlu takut merasa lelah karena tersedia tram dan perahu untuk menikmati hari dan malam Anda di ketiga tempat ini. Banyak pertunjukan dan perjalanan singkat yang dapat dilakukan di ketiga tempat ini., termasuk juga waterpark. Bawalah topi, handuk, baju renang, baju ganti dan tenaga ekstra saat melewatkan hari dan malam di sini!

Info lebih lanjut dapat Anda dapatkan di website Singapore Zoo, Night Safari dan River Safari. Terdapat juga tiket Park Hopper di mana Anda dapat mendapatkan harga lebih ekonomis untuk paket bundling.

 

Children’s Theatre

Tempat Liburan Berbayar Di Singapura

(c) Mia Aristanti

Lokasi: beraneka ragam

Waktu: beraneka ragam

Biaya: dari gratis sampai S$50

Booking: perlu dilakukan secara online

Angkutan umum: tergantung lokasi

Teater anak-anak adalah sesuatu yang umum di Singapura. Anak-anak usia prasekolah dan sekolah dasar sering diajak menonton teater di jam sekolah sebagai bagian dari program pendidikan dan penghargaan karya seni. Di tempat tinggal kami, tidak ada teater ataupun pertunjukan anak-anak. Jadi, setiap kali ke Singapura, kami selalu menyempatkan untuk membawa anak kami menikmati pertunjukan teater ini, dan anak kami sangat menyukainya! Seringkali pertunjukan teater anak-anak ini diangkat dari buku atau film/serial anak yang populer, seperti Peppa Pig, Gruffalo, Puss In Boots dan lain sebagainya. Lokasi pertunjukan pun berbeda-beda, misalnya di National Library, Esplanade Recital Studio, Victoria Concert Hall, dan lain-lain.

Info lebih lanjut tentang aneka pertunjukan teater untuk anak-anak dapat diklik di sini, pilih tab “Find An Event” kemudian klik kategori ”Family Entertainment”.

 

S.E.A. Aquarium

Tempat Liburan Berbayar Di Singapura

(c) Mia Aristanti

Lokasi: Resort World Sentosa

Waktu: setiap hari jam 10.00 – 19.00

Biaya: anak-anak dibawah 4 tahun gratis, 4-12th S$22, dewasa S$32

Booking: tidak perlu

Angkutan umum: MRT dan bus ke Vivo City, kemudian naik monorail ke Resort World Sentosa

S.E.A. Aquarium adalah salah satu akuarium terbesar di dunia dengan lebih dari 100,000 hewan laut dalam 800 species yang hidup dalam 49 habitat di akuarium ini. Selain untuk atraksi wisatawan, akuarium ini juga merupakan pusat konservasi dan edukasi mengenai kehidupan di bawah laut. Anda dan keluarga dapat menghabiskan sepanjang hari disini. Favorit kami adalah Open Ocean habitat di mana terdapat panel raksasa selebar 36 meter untuk mengagumi keindahan dunia bawah laut. Di aquarium ini terdapat juga Typhoon Theatre, Dolphin Island dan Adventure Cove Waterpark yang dapat Anda nikmati dengan membeli tiket tambahan.

Info lebih lanjut tentang S.E.A. Aquarium dan atraksi-atraksi lain di Resort World Sentosa dapat Anda klik di sini.

 

Banyak sekali bukan yang dapat dilakukan? Sebenarnya masih banyak lagi tempat-tempat yang masih belum kami kunjungi di Singapura. Seperti Universal Studios Singapore (USS), Singapore Flyer dan lain-lain yang masih ada dalam daftar tunggu kami.

Di artikel berikutnya, kami akan berbagi tempat-tempat liburan gratis di Singapura yang seru untuk dikunjungi bersama keluarga.

About the Author
Mia Aristanti Mia adalah salah satu anggota management Mommy's Helper dengan segudang kegiatan. Selain sebagai seorang istri dan ibu dari seorang anak laki-laki, dia juga memiliki usaha makanan sehat dan juga berprofesi sebagai penterjemah lepas. Dengan hobi olahraga outdoor, membaca, memasak dan menekuni mainan edukasi untuk sang buah hati, tantangan sehari-hari adalah menemukan keseimbangan hidup untuk melakukan semua hal itu.

2 Comments so far. Feel free to join this conversation.

  1. Era September 5, 2016 at 10:36 AM - Reply

    Artikelnya menarik dan info yang disampaikan sangat bermanfaat. Trims yaa….

Leave A Response