Liburan Keluarga di Singapura – Tempat Wisata Gratis di Singapura

Posted on Aug 12 2016 - 2:24pm by Mia Aristanti

“To travel is to take a journey into yourself.” – Danny Kaye

Di dua artikel sebelumnya, kami telah berbagi tips-tips mempersiapkan liburan di Singapura dan juga beberapa tempat liburan anak yang berbayar yang asyik di Singapura. Liburan memang perlu uang, tetapi bukan berarti harus menghabiskan banyak uang. Bila kita cermat, ada banyak hal yang bisa dihemat saat liburan, termasuk mengunjungi tempat-tempat yang tidak memungut bayaran alias gratis.

Tempat Wisata Gratis di Singapura

Di bawah ini, kami berbagi 10 tempat liburan gratis di Singapura dengan berbagai aktivitas gratis menarik yang bisa dilakukan bersama anak-anak saat liburan.

Fire Station Open House

Tempat Liburan Gratis di Singapura

(c) Mia Aristanti

Lokasi: Hill Street Central Fire Station

Waktu: setiap hari Sabtu jam 9.00 – 11.00 pagi

Angkutan umum: Bus kota (halte Hill Street Centre atau MICA bldg), MRT (stasiun City Hall)

Open House ini adalah salah satu kegiatan paling edukatif dan menyenangkan di Singapura. Begitu banyak penjelasan yang diberikan tentang cara kerja pemadam kebakaran dalam menjalankan tugasnya. Mulai dari isi mobil ambulans, cara memakai kostum pemadam kebakaran, cara mengurai dan menggulung selang, hingga demo proses pemadaman api. Anak-anak juga mendapat giliran naik ke mobil pemadam kebakaran. Seusai demo, kita bisa melihat-lihat museum pemadam kebakaran. Bila Anda berada di Singapure pada hari Sabtu, jangan lewatkan Open House ini. Info tentang Fire Station Open House bisa Anda klik di sini.

Far East Organization Children’s Garden

Tempat Liburan Gratis di Singapura

(c) Mia Aristanti

Lokasi: Gardens By The Bay

Waktu: Selasa – Jumat jam 9.00 – 19.00 , Wiken dan hari libur jam 9.00 – 21.00, Senin tutup

Angkutan umum: Bus kota (halte Marina Gardens Drive), MRT Circle Line atau Downtown Line (stasiun Bayfront) exit B kemudian jalan kaki 10 menit menuju Gardens By The Bay

Taman ini terdiri dari beberapa area, Toddler Play Zone (1-5 tahun), Rainforest Tre Houses (6-12 tahun), Water Play (6-12 tahun) dan Ampiteater. Selain dari taman ini, Anda sekeluarga dapat jalan-jalan mengitari kompleks Gardens By The Bay secara gratis. Bawalah tabir surya, topi, baju renang dan baju ganti bagi buah hati Anda saat mengunjungi taman ini. Waktu paling tepat untuk mengunjungi taman ini adalah menjelang sore hari. Selain dari taman anak ini, seluruh keluarga dapat menikmati keindahan Gardens By The Bay yang terkenal itu. Info tentang Far East Organization Children’s Garden bisa Anda klik di sini.

 

Jacob Ballas Children’s Garden

Tempat Liburan Gratis di Singapura

(c) Mia Aristanti

Lokasi: Singapore Botanic Gardens

Waktu: setiap hari 8.00 – 19.00. Senin tutup

Angkutan umum: bus kota (halte NUS Bukit Timah Campus), MRT Circle Line (stasiun Botanic Garden, pintu keluar Eco Garden)

Singapore Botanic Gardens merupakan salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO yang sangat indah dan terawat. Selain Taman untuk anak-anak, terdapat juga berbagai taman untuk dinikmati oleh segala jenis usia. Tersedia tur-tur gratis untuk mengelilingi taman-taman tersebut. Jacob Ballas Children’s Gardens sendiri adalah taman untuk anak-anak terbesar di Asia dengan lahan seluas 2 hektar (di tahun 2018 akan diperluas menjadi 4 hektar). Di dalamnya terdapat berbagai aktivitas untuk anak sampai usia 12 tahun, seperti Jembatan Suspensi, Rumah Pohon, seluncuran, dan lain-lain. Tersedia worksheet gratis untuk diunduh dan dibawa ke taman supaya anak-anak dapat belajar lebih detail tentang aneka tanaman.

Info lebih lanjut tentang Jacob Ballas Children’s Garden bisa Anda klik di sini.

 

Konser Musik Klasik dan Orkestra

Tempat Liburan Gratis di Singapura

(c) Mia Aristanti

Lokasi: Shaw Foundation Symphony Stage, di dalam Singapore Botanic Gardens

Waktu: lihat jadwal di website

Angkutan umum: bus kota (halte NUS Bukit Timah Campus), MRT Circle Line (stasiun Botanic Garden, pintu keluar Eco Garden)

Selain taman bermain anak-anak, di Singapore Botanic Garden juga sering diadakan konser musik gratis yang diadakan sepanjang tahun. Bawa selimut atau kain untuk piknik, duduk di rumput dan nikmati konser di udara terbuka sambil piknik dengan bekal yang Anda bawa di lokasi Shaw Foundation Symphony Stage. Bangkitkan kecintaan akan musik di jiwa anak-anak Anda, nikmati kebersamaan keluarga dan suasana indah, secara gratis pula! Jadwal konser dapat Anda klik di sini.

 

Southern Ridge Walk

Tempat Liburan Gratis di Singapura

(c) Mia Aristanti

Lokasi: mulai dari Henderson Road, Bukit Merah

Waktu: setiap saat

Angkutan umum: bus kota (halte Telok Blangah)

Bila keluarga Anda menyukai olahraga dan kebugaran, jalur ini sangat tepat bagi Anda. Southern Ridge Walk adalah jalur jalan kaki sepanjang 10km yang menghubungkan lima taman besar di bagian selatan Singapura yaitu Mount Faber Park, Telok Blangah Hill Park, HortPark, Kent Ridge Park dan Labrador Nature Reserve. Termasuk dalam rute ini adalah Canopy Walk, Alexandra Arch, Forest Walk, Hilltop Walk, Henderson Waves yang indah dan menarik. Rute yang unik, pemandangan indah dan kekayaan alam menjadi hiburan Anda selama berjalan kaki di rute ini.

Waktu paling tepat untuk menempuh trek ini adalah di pagi atau sore hari. Bawalah bekal air minum dan kudapan untuk memberikan energy yang cukup bagi seluruh keluarga. Di beberapa titik terdapat juga vending machine tempat membeli makanan dan minuman instan. Info lebih lanjut tentang Southern Ridge Walk bisa Anda klik di sini.

Melihat Perpustakaan Nasional

Tempat Liburan Gratis di Singapura

(c) Mia Aristanti

Lokasi: Singapore National Library

Waktu: setiap hari pukul 10.00 – 21.00, tutup saat hari libur nasional

Angkutan Umum: bus kota (halte St. Joseph Church atau halte North Bridge Commercial Complex), MRT (stasiun Bugis atau City Hall)

Bila keluarga Anda adalah pecinta buku dan literatur seperti keluarga kami, luangkan waktu untuk mengunjungi perpustakaan nasional ini. Gedung perpustakaan yang megah dan artistik, begitu banyak buku untuk dibaca, dan anak-anak dibawah 7 tahun dapat memiliki kartu anggota secara gratis. Terdapat juga acara pameran literatur, pembacaan buku dan story-telling secara gratis. Selain itu, di gedung ini juga sering diadakan pertunjukan teater anak-anak (berbayar). Info lebih lanjut tentang perpustakaan nasional Singapura dapat Anda klik di sini.

 

Pertunjukan Air dan Cahaya Wonderfull

Tempat Liburan Gratis di Singapura

(c) Mia Aristanti

Lokasi: Marina Bay Sands, Event Plaza di Promenade

Waktu: setiap malam pukul 20.00 dan 21.30, Jumat dan Sabtu pertunjukan tambahan pukul 23.00

Angkutan umum: bus (halte Marina Bay Sands dan halte Marina Bay Sands MICE), MRT (stasiun Bayfront)

Pertunjukan ini menggabungkan cahaya, air, api musik dan suara secara indah, mengisahkan tentang perjalanan hidup universal yang dikombinasi juga dengan cahaya elektrik dan efek laser. Selama kurang lebih 15 menit kita akan dihibur oleh efek visual yang luar biasa, di tepi air dengan latar belakang kota yang indah. Info lebih lanjut tentang pertunjukan Wonderfull dapat Anda klik di sini.

 

Bersenang-senang di Changi Airport

Tempat Liburan Gratis di Singapura

Lokasi: Terminal 1, 2, 3 Changi Airport

Waktu: setiap saat

Angkutan umum: MRT (Stasiun Changi Airport)

Changi Airport adalah salah satu airport terbaik di dunia. Selain untuk transit dan belanja duty-free, airport ini juga memiliki sejumlah atraksi gratis yang menyenangkan untuk segala usia. Seperti: Cactus Garden (T1), Enchanted Garden (T2), Family Zone (T2), The Slide, perosotan tertinggi di dunia (T3), Changi Aviation Gallery (T3), Children’s Playground (semua terminal) dan masih banyak lagi. Untuk berpindah dari terminal satu ke terminal lain, Anda dapat menggunakan skytrain gratis. Di hari saat Anda terbang pulang ke Indonesia, luangkan waktu untuk menjelajahi airport yang luar biasa ini. Info lebih lanjut tentang fasilitas-fasilitas gratis di Changi Airport dapat Anda klik disini.

 

Masih banyak lagi aktivitas yang dapat dilakukan bersama keluarga di Singapura. Rasanya sekali kunjungan tidak akan cukup untuk merasakan semuanya. Mari berlibur!

About the Author
Mia Aristanti Mia adalah salah satu anggota management Mommy's Helper dengan segudang kegiatan. Selain sebagai seorang istri dan ibu dari seorang anak laki-laki, dia juga memiliki usaha makanan sehat dan juga berprofesi sebagai penterjemah lepas. Dengan hobi olahraga outdoor, membaca, memasak dan menekuni mainan edukasi untuk sang buah hati, tantangan sehari-hari adalah menemukan keseimbangan hidup untuk melakukan semua hal itu.

Leave A Response