Tips dan Menu Praktis MPASI saat Traveling

Posted on Sep 7 2016 - 8:57pm by Diana Suciawati

Menu MPASI saat traveling tentunya diharapkan ga ribet-ribet. Apa bener ada menu MPASI yang ga perlu diblender dan dimasak segala? Dengan asumsi kita nginep di hotel yang kamarnya memiliki fasilitas pemanas air, berikut menu praktis MPASI saat traveling.

Menu Praktis MPASI saat Traveling

(c) Diana Suciawati

Menu Praktis MPASI saat Traveling

Karbohidrat Rebus

Untuk karbohidrat, perlu diingat bahwa karbo tidak hanya tersedia pada nasi atau mie. Umbi-umbian seperti kentang, ubi, bahkan pasta yang bisa direbus juga dapat menjadi asupan karbohidrat untuk si kecil. Hanya dengan direbus di alat pemanas air, kita bisa membawa dan menyajikan kentang atau pasta rebus saat traveling. Kentang dan pasta juga bisa bertahan lama di suhu ruang sebelum dimasak, sehingga ideal untuk dibawa-bawa saat traveling.

Sayuran Rebus

Sayuran juga termasuk salah satu makanan yang sebenarnya mengandung banyak nutrisi dan mudah diolah saat traveling. Sayuran seperti brokoli, buncis, wortel tidak mudah busuk dan dapat langsung dimakan setelah direbus. Setelah dimasak, sayuran ini juga dapat disimpan di wadah yang tertutup rapat, untuk dibawa sebagai bekal anak saat traveling hingga makan malam.

Buah Siap Makan

Buah yang siap makan, seperti pisang dapat menjadi pilihan asupan buah untuk anak saat traveling. Selain mudah dibeli di mana saja, pisang juga mengenyangkan dan mengandung nutrisi seperti vitamin B6, B9 (folat), kalium, magnesium, serat pangan, serta antioksidan. Selain itu, teksturnya yang lembut dan rasanya yang cukup manis membuat sebagian besar anak-anak menyukainya.

Selain buah siap makan, saat makan di restoran, Anda juga dapat memesan jus murni (puree) tanpa tambahan air dan gula ataupun susu. Jus murni seperti alpukat ataupun pepaya dapat menjadi pilihan yang tidak ribet, karena hampir ada di semua restoran. Jangan lupa tambahkan pesan sekali lagi kepada pelayan restoran bahwa jus tersebut untuk bayi atau anak kecil, sehingga mereka dapat lebih memperhatikan proses pembuatannya. Dengan ini, Anda dapat menghemat bawaan tanpa mengorbankan kebutuhan nutrisi si kecil.

Telur Rebus

Selain daging, sumber protein juga terkandung dalam telur yang dapat direbus untuk diberikan pada anak saat traveling. Rebus 2 telur (kampung) setiap pagi di kamar hotel, lalu bawa sebagai bekal makanan, dan kupas cangkang telur bila sudah mau dimakan. Telur rebus dapat bertahan lebih lama bila cangkangnya belum dikupas.

 

Tips Lain

  • Bila tekstur makanan bayi masih lunak saat traveling, beberapa MPASI yang direbus di atas dapat juga dihaluskan dengan alat Munchkin Grinder yang praktis dan bisa dibawa-bawa. Alat ini memiliki banyak kelebihan, diantaranya: ringan dan kecil, tidak membutuhkan listrik atau baterai, dan mudah dibersihkan.
  • Bila tekstur masih berupa bubur, dapat juga makanan diolah dengan cara: 1) campur semua bahan yang sudah direbus lunak seperti kentang, sayuran, telur,  2) haluskan semua bahan menjadi satu dengan Munchkin Grinder, 3) masukkan dalam beberapa wadah terpisah sesuai porsi satu kali makan, 4) bawa wadah dalam tas saat traveling seharian, 5) tambahkan ASI saat mau disajikan pada si kecil.
About the Author
Diana Suciawati Diana adalah salah satu dari management komunitas Mommy's Helper Bali yang fokus di media dan content management termasuk desain media promosi, yang juga seorang penulis dan jurnalis lepas. Bersama suami dan putrinya, dia sering traveling seputaran dalam maupun luar Indonesia dan membagikan pengalaman mereka di Smell Like Home Travel Blog. Selain itu, Diana juga senang menikmati waktunya sendiri dengan berkutat dengan konsep dan pikiran-pikiran rumitnya sesekali waktu.

1 Comment so far. Feel free to join this conversation.

  1. menu mpasi 6 bulan May 12, 2017 at 11:39 AM - Reply

    mantaf sekali artikelnya Mbak Diana… Tetep semangat berkarya yah…

Leave A Response