Traveling saat Hamil, Kenapa Enggak?

Posted on Apr 23 2018 - 6:15pm by Diana Suciawati

Traveling saat hamil, kenapa enggak? Asal diperhatikan dan dipersiapkan dengan hati-hati, perjalanan Anda saat hamil dapat menjadi perjalanan yang berkesan lho.

Traveling saat Hamil

Saat hamil, tentunya persiapan menjelang traveling tidak bisa dilakukan asal-asalan seperti sebelum hamil. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dipersiapkan agar kehamilan tetap dapat berjalan lancar dan sehat selama traveling. Apa saja yang perlu diperhatikan?

Traveling saat hamil

Usia Kehamilan

Berapa usia kehamilan yang diperbolehkan untuk traveling? Pada kehamilan normal tanpa masalah, menurut hasil diskusi dalam kongres dokter kandungan dan ginekolog Amerika (ACOG), usia kehamilan yang aman untuk melakukan perjalanan adalah saat berusia 14-28 minggu, meskipun hal ini tetap tergantung masing-masing kebijakan maskapai penerbangan atau moda transportasi (ada juga maskapai yang mengijinkan antara 12-36 minggu). Hanya untuk berjaga-jaga, sebaiknya siapkan surat dokter — yang menyatakan bahwa Anda diperbolehkan terbang — meskipun mungkin saja Anda akan diminta untuk mengisi formulir terpisah yang disediakan oleh maskapai penerbangan itu sendiri. Silahkan periksa kembali persyaratan dari masing-masing maskapai penerbangan ya.

Lama Perjalanan

Secara umum, lama perjalanan yang diasarankan adalah 2 jam perjalanan. Namun bila lebih dari itu, bisa diatasi dengan menyempatkan untuk istirahat dan berjalan-jalan di tengah perjalanan, entah itu hanya ke kamar kecil, meluruskan pinggang, dsb. Untuk mencegah pegal-pegal selama duduk, Anda juga dapat menggunakan bantal duduk yang berbentuk donat, atau bantal kecil untuk ditempatkan di pinggang, agar perjalanan Anda lebih nyaman.

Yang Perlu Dibawa

  • Support Belt, ini berguna banget buatku pribadi. Kalo jalan tanpa support belt rasanya pinggang dan kaki cepet banget capek, alhasil ga bisa jalan jauh deh.
  • Vitamin kehamilan, jangan lupa tetap diminum secara rutin walau sedang traveling ya. Jangan lupa juga daftar makanan yang tidak boleh Anda makan, yaitu makanan yang tidak matang, tidak fresh, serta alkohol.
  • Makanan sehat dan ringan, karena bumil cepet laper sedangkan kita ga selalu ketemu makanan saat di jalan. Jadi siapkan beberapa snack sehat, seperti buah, atau muesli yang siap makan.
  • Botol minum, karena penting banget bumil terus minum agar terhindar dari dehidrasi.
  • Pakaian & alas kaki yang nyaman, yang tentunya disesuaikan dengan suhu dan iklim tempat tujuan Anda. Pastikan juga pakaian tersebut cukup longgar sehingga tetap nyaman digunakan walau dengan perut besar Anda 😉 Selain itu, karena beban badan kita bertambah, penting juga untuk memakai alas kaki yang nyaman dan sesuai dengan bentuk kaki Anda.
  • Kontak emergency, seperti nomor telepon dokter kandungan Anda, nomor rumah sakit di sekitar tempat tujuan Anda, nomor keluarga untuk kontak darurat, hingga nomor duta besar di negara yang Anda kunjungi. Tidak ada salahnya menyiapkannya walaupun kita (semoga) tidak membutuhkannya.

Anda Istimewa!

Bila kehamilan Anda sudah nampak jelas, banyak keistimewaan yang bisa Anda dapatkan di berbagai tempat dan negara, seperti prioritas check-in, prioritas antri, prioritas tempat duduk, dll. Jangan malu untuk memanfaatkan keistimewaan tersebut karena Anda memang membutuhkannya! Jangan lupa mengumbar senyum dan ucapan terima kasih bagi orang yang membantu Anda.

Nah, terakhir, selamat bersenang-senang dan nikmati perjalanan Anda! 🙂

Baca juga artikel kehamilan lainnya di sini.

About the Author
Diana Suciawati Diana adalah salah satu dari management komunitas Mommy's Helper Bali yang fokus di media dan content management termasuk desain media promosi, yang juga seorang penulis dan jurnalis lepas. Bersama suami dan putrinya, dia sering traveling seputaran dalam maupun luar Indonesia dan membagikan pengalaman mereka di Smell Like Home Travel Blog. Selain itu, Diana juga senang menikmati waktunya sendiri dengan berkutat dengan konsep dan pikiran-pikiran rumitnya sesekali waktu.

Leave A Response