Wisata ke Jepang bersama Keluarga: Merencanakan Impian Musim Semi

Posted on Aug 2 2018 - 8:19am by Mia Aristanti

Yes! Setelah berburu tiket pesawat promo, menabung dan merencanakan perjalanan ini selama hampir setahun, akhirnya kami berhasil juga mewujudkan perjalanan impian kami, wisata ke Jepang bersama keluarga dengan harga yang cukup terjangkau. Banyak sekali pengalaman berharga yang kami dapatkan selama perjalanan ini, dan saya ingin berbagi kepada ibu-ibu lain yang juga ingin bepergian ke Jepang bersama keluarga secara seru dan hemat.

Wisata ke Jepang bersama Keluarga

(c) Owned by the author

Wisata ke Jepang bersama Keluarga

Berikut tips-tips yang berguna dalam merencanakan liburan keluarga ke Jepang secara hemat:

1. Berburu tiket pesawat promo

Ini langkah pertama yang harus dilakukan. Saya berhasil mendapatkan tiket promo dengan harga cukup fantastis di salah satu travel fair. Tentunya perlu perjuangan ekstra untuk datang ke lokasi pagi-pagi, membawa pilihan tanggal yang sudah kami rencanakan, beserta destinasi yang diinginkan. Berdasarkan saran dari beberapa teman, kami memilih untuk tiba di Osaka dan pulang dari Tokyo. Tanggalnya bertepatan dengan hari libur sekolah anak menjelang akhir Maret, pada saat musim semi baru mulai tiba di Jepang.

2. Tentukan garis besar rute

Rute ini penting untuk memilih akomodasi dan mode transportasi yang akan digunakan. Kami melakukan riset awal beberapa tempat yang ingin kami kunjungi, dan menetapkan rute sebagai berikut: 4 hari di Osaka – 2 hari di Kyoto – 4 hari di Tokyo.

3. Berburu akomodasi di airbnb

Setelah kami tahu rute yang akan kita tempuh, barulah saya dan suami berburu akomodasi. Karena kami bepergian saat musim semi yang merupakan high season di Jepang, maka lebih baik apabila memesan akomodasi sedini mungkin. Pilihlah lokasi di dekat pusat kota agar mudah bepergian, dan kalau bisa pilih superhost yang memiliki fasilitas lengkap seperti mesin cuci, modem wifi, makanan atau kudapan.

4. Membuat jadwal harian selama di Jepang

Walaupun Anda ingin trip yang santai, tetap lakukan langkah ini sebelum Anda pergi ke Jepang. Kenapa? Karena jadwal harian ini akan menghemat banyak waktu dan uang untuk transportasi. Buatlah daftar tempat-tempat yang Anda kunjungi (baik destinasi wisata, belanja maupun kuliner), dan temukan lokasinya di google map. Dalam satu hari, bepergianlah di tempat-tempat yang terletak di satu lokasi berdekatan. Dengan menggunakan hyperdia.com dan google map, kita dapat mencari rute subway, kereta, atau jalan kaki dari satu tempat ke tempat lainnya. Jadi tidak perlu bingung atau bertanya-tanya lagi hendak naik kereta apa, atau berjalan ke arah mana. Terlebih lagi, perjalanan akan menjadi makin praktis dan efisien.

5. Mengajukan permohonan visa ke Jepang

Apabila Anda memiliki e-passport, Anda cukup melapor ke kedutaan atau konsulat Jepang terdekat. Apabila Anda memiliki paspor biasa, maka Anda wajib mengajukan permohonan visa. Salah satu syaratnya adalah mencantumkan akomodasi dan jadwal harian selama di Jepang – lihat poin 3 dan 4 di atas. Klik disini untuk informasi lengkap permohonan visa Jepang

6. Perlukah membeli JR Pass?

JR Pass adalah tiket kereta yang berlaku selama periode tertentu di seluruh jaringan JR (Japan Railways) untuk kereta dan bus. Menurut saya, JR Pass amat berguna apabila kita banyak bepergian dari kota ke kota. Ada beberapa jenis JR Pass, untuk perjalanan ini kami memilih Pass yang paling pendek yakni Tokyo Wide Pass dan juga Kintetsu Rail Pass yang dikeluarkan oleh perusahaan yang berbeda (Kintetsu Railway). Keduanya akan saya jelaskan lebih lanjut di artikel selanjutnya mengenai itinerari kami selama liburan keluarga di Jepang. Selain JR Pass, terdapat juga berbagai tiket hemat lainnya di setiap kota untuk bepergian dengan subway, kereta atau bis.

wisata impian keluarga di Jepang

(c) Owned by the author

7. Beli tiket-tiket wisata sebelum kepergian

Kita dapat berburu tiket murah sebelum berangkat ke Jepang. Kami menggunakan Klook untuk membeli tiket Disneyland, Kaiyukan Aquarium, Osaka Amazing Pass dengan harga bersahabat. Saat tiba di Jepang, cukup tukarkan vocer Klook dengan tiket-tiket tersebut di konter Klook yang terletak di bandara.

8. Kartu SIM atau modem wifi?

Kami menyewa modem wifi melalui Klook. Satu modem dapat digunakan untuk beberapa ponsel. Namun, pada prakteknya ternyata kami menemukan bahwa lebih baik menggunakan kartu SIM lokal daripada modem wifi – ada kalanya kami terpisah dan perlu berkomunikasi via telefon. Saat mendarat di Jepang, Anda dapat langsung membeli kartu SIM lokal di konter-konter yang tersedia di bandara.

Merencanakan Wisata ke Jepang bersama Keluarga

(c) Owned by the author

 

Di artikel berikutnya, kami akan menjelaskan jadwal dan juga hal-hal menarik selama perjalanan wisata keluarga di Jepang. Jangan sampai ketinggalan!

About the Author
Mia Aristanti Mia adalah salah satu anggota management Mommy's Helper dengan segudang kegiatan. Selain sebagai seorang istri dan ibu dari seorang anak laki-laki, dia juga memiliki usaha makanan sehat dan juga berprofesi sebagai penterjemah lepas. Dengan hobi olahraga outdoor, membaca, memasak dan menekuni mainan edukasi untuk sang buah hati, tantangan sehari-hari adalah menemukan keseimbangan hidup untuk melakukan semua hal itu.

Leave A Response